in

7 Tanda Stres yang Jarang Disadari Orang

Tanda stres
Foto: Pixabay

Ngobrolin.id — Stres yang berkepanjangan bisa menimbulkan efek yang tidak baik bagi penderitanya. Padahal, tanda stres sebenarnya bisa diketahui dengan mudah. Ada beberapa tanda-tanda fisik dan mental yang menunjukkan kalau kamu sedang stres. Apa saja?

  1. Selalu sakit kepala

Apa kamu merasa sakit kepala sepanjang hari? Itu kemungkinan sakit kepala yang disebabkan oleh stres atau migrain. Sebab, stres adalah pemicu umum dari sakit kepala tipe tegang dan migrain serta dapat memicu sakit kepala lainnya.

  1. Sistem pencernaan terganggu

Perut adalah tempat pertama yang akan menunjukkan seseorang sedang stres. Koneksi otak ke perut adalah jalur dua arah yang dapat menyebabkan lingkaran setan dan tentu berhubungan dengan stres. Menurut Harvard Health, usus yang bermasalah dapat mengirimkan sinyal ke otak, seperti juga otak yang bermasalah dapat mengirim sinyal ke usus.

Kemudian sebagai gantinya, stres dapat menyebabkan peningkatan asam lambung sehingga menyebabkan masalah pencernaan seperti maag. Gejala stres juga meliputi rasa sakit yang membakar di perut, mual, dan kembung.

  1. Rasa haus

Merasa stres? Obatnya mungkin minum segelas air. Dehidrasi dapat menyebabkan tubuh tidak berfungsi dengan baik dan dapat menyebabkan stres. Studi telah menunjukkan kekurangan cairan sebanyak setengah liter bisa meningkatkan kadar kortisol. Kortisol adalah hormon stres. Jadi, ketika sesorang memberikan cairan ke tubuhnya, kadar kortisol bisa ditekan.

  1. Jadwal tidur berantakan

Stres bisa mendatangkan malapetaka pada jadwal tidur seseorang. Terlalu sering stres bisa menyebabkan seseorang kurang tidur dan menyebabkan masalah kesehatan mental serta fisik. Lalu, gangguan kesehatan itu akhirnya juga menyebabkan stres dalam kehidupan sehari-hari dan menyebabkan kurang tidur di malam hari. Hal ini menjadi sebuah lingkaran setan.

  1. Berkeringat terlalu banyak

Sedikit berkeringat ketika dalam tekanan adalah sesuatu yang normal. Tapi, keringat akibat stres adalah sesuatu yang sangat berbeda dan tentu berbahaya. Ketika tubuh bereaksi terhadap emosi, seperti kecemasan, stres atau kegembiraan, keringat dilepaskan dari kelenjar apokrin. Kelenjar-kelenjar apokrin itu kemudian menghasilkan “keringat lebih panas” yang terbuat dari asam lemak dan protein. Kelenjar ini terletak di ketiak, selangkangan, dan di kulit kepala.

  1. Rambut rontok

Perhatikan saluran buangan kamar mandi dan juga sisir yang kamu gunakan. Jika ada banyak rambut tertumpuk di sana, itu mungkin karena ada stres. Menurut Mayo Clinic, ada tiga jenis rambut rontok yang terkait dengan stres, yaitu telogen effluvium, alopecia areata, dan trichotillomania.

  1. Tidak menikmati lagi hal yang biasa dilakukan

Rasa tidak nyaman adalah salah satu tanda seseorang mengalami stres. Jika kamu merasa cemas untuk melakukan hal-hal yang biasa kamu senangi, seperti berolahraga, berkumpul dengan teman, dan berbicara santai sembari berjalan-jalan barangkali itu lebih dari sekedar stres, yakni depresi.

Para peneliti juga mencatat, ketika seseorang sedang stres, tubuhnya akan mengeluarkan hormon stres. Hal ini akan membuat seseorang kehilangan kenikmatan dalam aktivitas sehari-hari.

putri Disney

Cantik dan Tangguh, Jangan Lupakan Putri Disney Ini

cara amankan smartphone dari pencuri

Begini Cara Amankan Smartphone dari Pencuri