in

7 Tips Memilih Supplier Bisnis yang Tepat

memilih supplier bisnis yang tepat
Foto: Pixabay

Ngobrolin.id — Dalam berbisnis, pernahkah kamu menemui hambatan di saat proses produksi berlangsung? Misalnya di saat kamu sedang butuh banyak bahan baku atau barang jadi, namun barang tersebut kebetulan sedang kosong sehingga tidak bisa memenuhi kebutuhan pelanggan. Ya, di sinilah pentingnya peran supplier. Namun, bagaimana cara memilih supplier bisnis yang tepat?

  1. Perhatikan kualitas

Jangan pernah berkompromi dengan kualitas. Apabila kualitas produk tidak buruk, sudah dipastikan produk yang akan kamu hasilkan atau jual kembali pun akan sama buruknya. Jangan mudah tergiur dengan harga atau biaya yang murah dalam menentukan supplier bisnismu.

Jika barang yang kamu hasilkan atau jual bagus, otomatis rasa kepercayaan dan puas pun akan timbul dari pelanggan sehingga mereka akan selalu tertarik untuk membeli barang dari tempatmu.

  1. Analisis track record

Salah satu cara termudah untuk mengetahui bibit dan bobot supplier adalah dengan melihat track record mereka terhadap para pembeli sebelumnya. Luangkan sedikit waktu untuk mencari tahu lewat sumber-sumber informasi yang ada, seperti pada media sosial, forum, komunitas, dan lain sebagainya. Pastikan bahwa supplier tersebut tidak pernah bermasalah dengan para pembelinya.

  1. Pertimbangkan konsistensi

Selain analisis track record, konsistensi supplier juga menjadi satu hal penting yang perlu diperhatikan. Terkadang, ada saja supplier yang sering mengalami kendala dalam pengiriman barangnya sehingga membuat bisnismu jadi terhambat. Perhitungkan faktor-faktor kemungkinan adanya kendala seperti jarak pengiriman, waktu tempuh, jarak kerja, hingga peralatan kerjanya.

  1. Cari produsen langsung

Usahakan mendapatkan supplier yang memang benar-benar sebagai produsen langsung. Hal ini tentu akan membuat margin keuntungan yang kamu dapatkan jauh lebih besar dibandingkan bekerja sama dengan supplier yang sudah berstatus tangan kedua, ketiga, dan seterusnya.

  1. Mintalah produk sampel

Kalau kamu masih ragu terhadap kualitas yang dijanjikan oleh calon supplier, mintalah sampel terlebih dahulu untuk masing-masing produk yang kamu butuhkan. Hal ini dapat membantu untuk meyakinkan kamu dalam membuat keputusan lebih lanjut.

  1. Pahami masalah garansi dan sistem retur

Kamu harus mempelajari aturan dan kebijakan dalam hal garansi dan kebijakan pengembalian barang secara detail. Jadi, carilah supplier yang mampu memberikan garansi jika barang yang kamu terima sudah dalam keadaan rusak atau tidak layak.

  1. Miliki lebih dari satu supplier

Memiliki satu supplier adalah kesalahan dalam berbisnis. Bayangkan, jika saat kamu sedang membutuhkan barang dari supplier-mu namun stok mereka sedang tidak ada, bisnis kamu otomatis akan terhambat. Bukan hanya itu, memiliki lebih dari satu supplier juga dapat membuatmu lebih mudah membandingkan harga antara supplier satu dan yang lainnya.

meniruskan pipi tembem secara alami

Cara Meniruskan Pipi Tembem Secara Alami

museum unik di sekitar Kebun Raya Bogor

6 Museum Unik di Sekitar Kebun Raya Bogor