in

8 Jenis Pempek, dari Kapal Selam sampai Lenggang

jenis pempek
Foto: instagram pempekonline28

Ngobrolin.id — Makanan khas Sumatera Selatan ini sudah jadi favorit tak cuma di daerah asalnya. Rasa pempek yang gurih dan teksturnya kenyal berpadu kuah cuko yang asam dan segar bikin nagih. Ternyata, banyak jenis pempek yang bisa kita nikmati, lho.

Pempek kapal selam

Pempek jenis ini adalah yang paling terkenal. Terbuat dari adonan sagu dan ikan, keistimewaan pempek kapal selam adalah bagian dalamnya diisi dengan telur utuh. Pempek yang satu ini juga punya ukuran paling besar jika dibandingkan pempek lainnya. Dijamin kenyang deh menyantap kuliner yang satu ini, apalagi jika lebih dari satu.

Pempek lenjer

Adonan pempek lenjer sama seperti pempek lainnya. Yang membedakan adalah bentuk pempek lenjer yang panjang-panjang. Pempek ini biasa disajikan dengan dipotong-potong sebelum diberi tambahan kuah cuko.

Pempek keriting

Pempek yang satu ini biasanya tidak digoreng. Pempek keriting memiliki bentuk yang keriting seperti mi yang disatukan dalam satu gumpalan. Alat untuk membuat pempek ini disebut ‘pirikan’. Tapi kini, pembuatan pempek keriting lebih banyak menggunakan penggiling daging agar lebih mudah.

Pempek adaan

Adaan merupakan salah satu jenis pempek yang juga paling populer. Pempek ini tidak direbus terlebih dahulu. Dengan begitu, tekstur yang dihasilkan pun akan lebih keras dan liat. Adonan pempek adaan pun berbeda karena diberi tambahan potongan bawang dan santan. Karena hal itulah rasa pempek adaan jadi lebih gurih.

Pempek kulit

Sama seperti namanya, pempek kulit terbuat dari kulit ikan. Adonan yang sudah dicampur kulit ikan kemudian dibentuk bundar pipih dan digoreng. Sama seperti adaan, pempek ini pun tidak direbus sehingga teksturnya lebih liat dan rasanya lebih gurih.

Pempek panggang

Makanan khas ini disebut juga sebagai pempek tunu. Jika adaan dan pempek kulit dimasak dengan cara digoreng saja, keunikan pempek panggang adalah diolah dengan cara dipanggang. Adonannya sama seperti pempek pada umumnya. Kemudian dibentuk pulat pipih dan dipanggang di atas bara api hingga matang.

Pempek lenggang

Masih satu cara pengolahan dengan pempek panggang, yang membedakan pempek lenggang dengan pempek lainnya adalah dengan menambahkan telur ayam. Telur ini dikocok kemudian dituangkan di atas wadah persegi dari daun pisang. Pempek yang sudah diiris kecil-kecil kemudian ditebar di atasnya dan dimasak hingga matang.

Pempek pistel

Varian yang satu ini sering juga disebut sebagai pempek kates. Pempek pistel dibuat dari adonan pempek pada umumnya. Kemudian adonan diberi isian dan ditutup seperti pistel. Uniknya, isian pempek ini bukan telur, melainkan parutan pepaya muda yang dimasak dengan santan. Dalam bahasa lokal, buah pepaya sering juga disebut sebagai kates.

atasi bosan mudik

Mudik Pakai Transportasi Umum? Atasi Bosan dengan Cara Ini

berkunjung ke museum

Mau Ngapain Aja di Museum?