in

8 Stadion Sepak Bola Terbesar di Dunia

Kapasitas penontonnya pun tidak main-main

stadion sepak bola terbesar di dunia
Foto: freepik

Ngobrolin.id — Selain berfungsi sebagai tempat berlaga, stadion sepak bola juga menjadi rumah bagi suatu klub tertentu. Di Indonesia, stadion utama yang menjadi home base dari Timnas adalah Stadion Gelora Bung Karno. Kira-kira, apa ya stadion sepak bola terbesar di dunia? Yang pasti, kapasitas tempat duduk penonton yang tersedia akan sangat banyak.

Stadion Rungrado 1 Mei

Stadion ini berada di Pyongyang, Korea Utara, dengan kapasitas kursi mencapai 114.000 kursi. Kemegahan Stadion Rungrado 1 Mei ini digunakan oleh Timnas Korea Utara untuk menjadi markas besar mereka dan sebagai lokasi pentas budaya dan festival kebangsaan Korea Utara.

Melbourne Cricket Ground

Seperti namanya, stadion ini terdapat di Melbourne, Australia. Dan seperti namanya pula, stadion ini sebenarnya merupakan stadion kriket. Namun, Timnas Australia juga kerap menggunakannya sebagai lapangan sepak bola. Stadion Cricket Ground menjadi yang terluas kedua dengan kapasitas tempat duduk lebih dari 100.000 kursi.

Camp Nou

Jika kamu penggemar FC Barcelona sejati, pasti sudah tidak asing dengan stadion kebanggaan mereka ini. Camp Nou terdapat di Kota Barcelona, Spanyol, dan menjadi markas dari FC Barcelona. Stadion megah ini mampu menampung hingga 99.354 kursi.

Soccer City Stadium

Digunakan saat final Piala Dunia 2020 di Afrika Selatan, stadion yang satu ini memiliki nama lain FNB Stadium. Total kursi yang bisa ditampung dalam stadion megah ini mencapai lebih dari 95ribu kursi. Stadion ini sekaligus menjadi yang termegah dan terbesar se-Benua Afrika.

Stadion Rose Bowl

Tak hanya sepak bola, beragam jenis olahraga lain bisa diakomodasi menggunakan stadion yang satu ini. Terletak di negara bagian California, Amerika Serikat, Stadion Rose Bowl bisa menampung hingga 92.542 kursi dan digunakan saat Piala Dunia 1994.

Wembley Stadion

Ini dia markasnya timnas Inggris. Terletak di London, Inggris, Wembley Stadion bisa menampung hingga 90ribu kursi di dalamnya. Stadion yang satu ini juga kerap dijuluki sebagai New Wembley karena memang menggantikan stadion Wembley lama yang sudah dirobohkan pada 2003 silam.

Bukit Jalil

Stadion sepak bola terbesar ke tujuh di dunia bisa dijumpai di Malaysia, tepatnya di Stadion Bukit Jalil. Lokasinya sendiri berada di National Sport Complex di Kuala Lumpur. Stadion ini juga sekaligus menjadi stadion terbesar se-Asia Tenggara.

Estadio Azteca

Menampung hingga 87ribu kursi, Timnas Meksiko menggunakan stadion Estadio Azecta sebagai “kandang” mereka. Sejarah mencatat, stadion ini sebagai stadion yang dua kali menjadi tempat diselenggarakannya Piala Dunia, yakni pada 1970 dan 1986.

lagu terbaik Jamrud

Mengenang Lagu Terbaik Jamrud, Band Rock Legendaris Indonesia

lautan terluas yang ada di dunia

Bukan Samudera, Ini 8 Laut Terluas di Dunia