in ,

Ada Berapa Jenis Helm yang Kamu Tahu di Pasaran?

jenis helm
Foto: Google Image

Ngobrolin.id — Bagi kamu yang suka bepergian menggunakan sepeda motor, perlengkapan wajib pastinya harus dipakai dong. Yup, kamu wajib memakai helm ke mana pun kamu pergi dengan motor kesayanganmu. Tapi, jenis helm apa yang menjadi favorit kamu? Lalu, ada berapa jenis helm yang kamu tahu? Nah, berikut ini ada beberapa jenis helm yang mungkin saja belum kamu tahu.

jenis helm
Foto: Google Image

1. Full face

Tipe full face merupakan helm motor yang melindungi kepala secara sempurna, mulai dari bagian tempurung tengkorak belakang hingga bagian dagu di depan. Bagian depan atau moncong helm memiliki celah, berbentuk elips memanjang yang berguna untuk melihat keadaan jalan di depan dan ruang untuk bernapas.

Bagian depan ini terbuat dari plastik antigores dan tahan terhadap benturan. Selain itu, dilengkapi pula dengan kaca helm yang menjadi pelindung area wajah dari debu dan terpaan angina.

Faktor keamanan yang disediakan helm tipe full face memang cukup tinggi. Sebab, model ini memang dirancang untuk dipakai para pembalap profesional.

2. Off-road/motorcross

Model off-road merupakan pengembangan tipe full face yang dirancang khusus untuk para pengendara motorcross. Bedanya, pada tipe off-road bagian depan helm, tepatnya bagian yang melindungi dagu dan mulut bentuknya lebih panjang dibandingkan full face.

Bentuk yang panjang ini berguna bagi para pengendara memasukkan kaca mata khusus antidebu. Ruang ini membuat para pengendara lebih leluasa untuk bernapas, karena olah raga off-road tergolong ekstrem dan penuh tantangan.

3. Modular/flip-up

Jika kita menginginkan helm motor yang dapat dipakai ngebut dan santai, pilihlah flip-up. Tipe ini merupakan model hybrid dari full face dan open face. Artinya, satu helm dengan dua model sehingga disebut flip-up. Saat berniat akan ngebut, kita dapat mengubah helm ini menjadi full face, dengan cara menurunkan bagian pelindung dagu. Model ini banyak digemari karena multi fungsi.

4. Open face/¾ helmet

Model open face menutupi sekitar tiga perempat bagian kepala, mulai dari telinga, pipi hingga seluruh bagian belakang kepala. Hanya bagian dagu yang tidak dilindungi. Namun, bentuk helm ini biasanya lebih rendah ke bawah daripada full face. Bagian terpenting dari helm motor ini yakni bagian pelindung depan, berupa kaca pelindung yang dapat dinaikturunkan layaknya full face. Namun, kaca helm ini hanya untuk melindungi wajah dari terpaan angin biasa, bukan didesain untuk menahan benturan keras.

5. Half helmet

Tipe helm motor selanjutnya lebih ditujukan untuk style bukan ke fungsi. Half helmet hanya melindungi bagian atas kepala. Model helm ini populer pada era 1960-an di Inggris, saat para penyanyi rock mengenakan helm ini sebagai aksesoris.

Di Amerika sendiri, helm ini disebut sebagai “Pudding Basin” dan di Inggris dikenal dengan nama helm TT. Di Amerika, helm ini merupakan pelengkap para riders motor gede, seperti Harley Davidson. Untuk kenyamanan, half helmet modern dilengkapi kacamata anti-angin/debu.

Captain Marvel

Captain Marvel Dapat Banyak Komentar Negatif, Kenapa Ya?

film animasi Nussa

Film Animasi Nussa Cocok Banget Buat Kids Muslim Zaman Now