in ,

Ada Hutan Pelangi di Bondowoso!

Kekayaan Indonesia memang tidak ada henti-hentinya guys

hutan pelangi
foto: youtube Uccas Bavarian

Ngobrolin.id — Indonesia memang memiliki kekayaan alam yang sangat menakjubkan, banyak kejadian alam yang menarik perhatian. Salah satunya adalah hutan pelangi di Bondowoso, hutan tersebut memiliki pohon berwarna-warni seperti pelangi. Saat ini, hutan tersebut sedang diajukan sebagai Global Geological Park ke UNESCO untuk bidang biologi.

Sebutan hutan pelangi diberikan oleh warga setempat karena batang pohon-pohon tersebut berwarna-warni. Letaknya di Dusun Darungan, Kecamatan Sumberwaringin. Pohon yang berwarna unik tersebut ternyata adalah pohon eucalyptus.

Keunikan pohon-pohon tersebut disebabkan oleh warna alami, bukan karena dicat oleh manusia. Masyarakat sekitar menyebut pohon tersebut dengan nama kajuh bernah atau dalam bahasa Madura artinya kayu berwarna. Oleh karena itu, kawasan hutan tersebut disebut hutan pelangi.

Batang pohon tersebut berwarna seperti pelangi, yaitu hijau, kuning, merah, jingga, biru tua, hingga cokelat. Warna batang yang sangat bervariasi tersebut disebabkan oleh proses oksidasi antara kambium pohon dan oksigen.

Proses pergantian kambium pada tiap pohon berbeda-beda. Itulah sebabnya ada pohon yang dominan berwarna hijau, jingga, kuning, dan beberapa warna lainnya.

Kawasan hutan dengan batang pohon yang berwarna-warni tersebut dikelola oleh Balai Besar Penelitian Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan (BBPBPTH) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Hutan tersebut memiliki luas sekitar 23 hektare dan masuk Kawasan Hutan Dengan Tujuan Khusus (KHDTK) Sumberwaringin.

Pohon eucalyptus yang berada di kawasan hutan tersebut diintroduksi dari kawasan Indonesia Timur, seperti Papua hingga daratan Australia. Eucalyptus memang merupakan tanaman endemik Papua dan sekitarnya.

Kawasan hutan tersebut sudah ada sejak 1939, di kawasan hutan pelangi terdapat beberapa jenis eucalyptus, seperti eucalyptus deglupta, umbelata, triantha, saligna, dan masih banyak lagi pohon di kawasan tersebut yang sudah berumur ratusan tahun, lho!

Namun, kawasan hutan ini tidak dibuka secara resmi untuk tempat wisata, hanya beberapa orang tertentu yang diizinkan masuk ke kawasan hutan tersebut seperti mahasiswa yang akan melakukan penelitian. Terkadang, warga sekitar juga berswafoto dengan latar batang pohon yang berwarna-warni.

 

masker scuba

Masker Scuba Dilarang di KRL, Kenapa Ya?

resep kue odading

Resep Kue Odading yang Viral Karena S3 Marketingnya Mang Oleh