in

Ada Nama Jalan Presiden Joko Widodo di Abu Dhabi!

Jangan lupa mampir kalau erkunjung ke Abu Dhabi ya

Joko widodo street
foto: Pexels

Ngobrolin.id — Beberapa waktu ini viral nama Presiden Republik Indonesia disematkan menjadi nama jalan di Abu Dhabi, ibu kota Uni Emirat Arab. Nama jalan itu adalah President Joko Widodo Street.

Peresmian nama jalan tersebut sudah dilakukan oleh Sheikh Khalid bin Mohammed bin Zayed Al Nahyan selaku anggota sekaligus Chairman Abu Dhabi Executive Office pada Senin, 19 Oktober pukul 16:45 waktu setempat.

Jalan tersebut terletak di salah satu ruas jalan utama yang membelah Pusat Pameran Nasional Abu Dhabi (ADNEC) dengan area kedutaan serta kawasan perkantoran Perwakilan Diplomatik.

Sebelum dinamakan President Joko Widodo Street, jalan tersebut bernama Al Ma’arid Street yang berarti pameran. Jalan tersebut menghubungkan Jalan Rabdan dan Jalan Tunb Al Kubra.

Sebelumnya, penamaan jalan di Abu Dhabi mengandung unsur geografis yang menggambarkan sejarah daratan lokasi jalanan tersebut. Namun, pada 2013 pemerintah Abu Dhabi melakukan perubahan nama jalan dan menggantinya dengan nama-nama pemimpin besar, seperti Fatima Bint Mubarak Street, Shaikh Zayed bin Sultan Street, dan masih banyak lagi.

Selanjutnya, pada 2019 pemerintah memberikan nama pemimpin Arab Saudi, yakni King Salman bin Abdulaziz Al Saud pada salah satu ruas jalan. Hal tersebut dilakukan untuk menghormati kontribusi yang sudah diberikan oleh Arab Saudi sekaligus memperkuat hubungan bilateral antara UEA dan Arab Saudi.

Sementara itu, penamaan Presiden Joko Widodo sebagai nama jalan menambah jumlah nama tokoh Indonesia di luar negeri. Sebelumnya, sudah ada Jalan Soekarno di Maroko, Jalan Raden Adjeng Kartini di Belanda, Jalan Munir di Den Haag, dan Jalan Muhammad Hatta di Belanda.

Pemberian nama Jalan Presiden Joko Widodo seakan menjadi refleksi hubungan bilateral antara RI dan UEA.

Dilansir dari news.detik.com, Dubes RI untuk UEA, Husin menjelaskan bahwa nama Presiden Jokowi disematkan di ruas jalan yang cukup besar, ruas jalan yang cukup strategis dan utama dekat dengan daerah pameran.

Sejak pandemi Covid-19, komoditas ekspor Indonesia ke UEA memang tidak pernah terputus, bahkan cenderung mengalami pertumbuhan positif sehingga hubungan bilateral kedua negara tersebut bisa menjadi semakin positif juga.

kirim uang lewat Whatsapp

Fitur Kirim Uang Lewat WhatsApp Sudah Ada di India!

garlic cheese bread

Resep Garlic Cheese Bread Antigagal dan Antiribet