in ,

Adhitia Sofyan, Dua Dekade Berkarya dan Tetap Dinanti

Adhitia Sofyan
Foto: instagram Adhitia Sofyan

Ngobrolin.id — Nama Adhitia Sofyan mungkin asing bagi sebagian orang. Namun, musisi kelahiran Bandung itu nyatanya memiliki basis fans yang selalu menanti karya terbarunya. Suara merdu dan petikan gitar akustik yang menggetar jiwa, membuatnya selalu dirindukan. Yuk, kenali sosok Adhitia lebih jauh lagi!

Adhitia punya panggilan lain, yakni Kang Gundul. Musisi tersebut sudah aktif di kancah hiburan tanah air sejak 1999. Hal tersebut berarti sudah dua dekade namanya dikenal sebagai penyanyi dan pemain musik.

Namun, Adhitia tidak serta merta langsung berkecimpung di dunia hiburan. Ia lebih dulu mendalami kariernya sebagai desainer grafis di berbagai agensi. Hingga akhirnya, ia mulai membuat extended player perdananya. Berangkat dari mini album I’m Not Getting Any Slimmer, So Here We Go… pada 2008, Adhitia Sofyan semakin dikenal di panggung hiburan.

Suara emas Adhitia mulai bisa didengar dari sebuah extended player (EP) sederhana. Tidak muluk-muluk, EP tersebut dibuat secara independen. Alih-alih studio musik, Adhitia Sofyan pertama kali merekam EP tersebut justru di dalam kamarnya sendiri. Termasuk lagu legendaris miliknya, Adelaide Sky yang pernah menjadi soundtrack  film Kambing Jantan.

Lagu tersebut juga pernah memuncaki tangga lagu di Prambors yang khusus untuk memutar lagu-lagu indie. Kala itu, Adelaide Sky bertenger di barisan atas bersama lagu Adhitia lainnya, Memilihmu. Melihat respons yang positif, Adhitia pun bangga dengan hasil karyanya.

Berawal dari hal tersebut, Adhitia Sofyan akhirnya memulai perjalanan album pertama miliknya. Album bertajuk Quite Down bisa diunduh secara gratis di blog pribadinya. Untuk album fisik, Adhitia menjualnya dengan kualitas audio yang lebih baik dan ada satu bonus lagu di dalam album fisik tersebut.

Sempat terkendala dalam distribusi, album Quite Down yang dirilis pada 2009 ini justru mendapat sambutan yang bagus dari distributor musik indie di Jepang, Disques Desinee dan Tower Records Jepang.

Tak berhenti di situ, Adhitia juga membuat album keduanya tak lama setelah itu. Album ini mengambil judul Forget Your Plans dan sudah bisa didengarkan mulai 2010. Ada 12 lagu baru yang disajikan pria berambut gondrong ini. Beberapa di antaranya seperti Forget Jakarta dan Gaze pernah menjadi soundtrack serial.

Tahun berikutnya, pria 41 tahun ini berkesempatan melakukan tur di Jepang, di mana albumnya banyak dijual dan didistribusikan. Selepas itu, Adhitia masih sering membuat album yang ditunggu para pengemarnya.

Album yang ia rilis pada 2012 berjudul How to Stop Time dan Silver Painted Radiance yang diluncurkan pada 2016. Karya terbaru musisi Bandung ini bisa kamu nikmati dalam album Chronicles of You yang baru saja diperkenalkan pada 2019 ini.

camilan dari nangka

Camilan dari Nangka, Sederhana tapi Menggoda

Gejala dan tahapan TBC pada anak

Kenali Gejala dan Tahapan TBC pada Anak