in ,

Agar Awet, Begini Cara Merawat Buku

Jangan lupa merawat buku agar bukumu awet

cara merawat buku
Foto: freepik

Ngobrolin.id — Punya banyak buku koleksi namun khawatir lapuk dimakan rayap? Koleksi buku yang banyak seringkali membuat kita lupa merawatnya. Padahal, merawat buku sangat mudah dilakukan. Kamu bisa menerapkan cara merawat buku seperti berikut, lho.

Susun buku

cara merawat buku
Foto: freepik

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan saat merawat buku adalah mendata buku-buku yang kamu punya. Sediakan ruangan atau tempat khusus untuk menyimpannya. Kamu bisa gunakan rak buku atau lemari buku, tergantung kamu lebih suka yang mana.

Susun buku dalam urutan yang mudah kamu ingat. Kamu bisa menyusunnya berdasarkan warna sampul, kategori buku, jenis buku, ataupun kronologi pembelian. Pastikan ukuran buku yang kamu susun cukup beragam, ya sehingga memudahkan saat hendak mengambil buku tersebut.

Sering dibuka

cara merawat buku
Foto: freepik

Walaupun buku sudah disimpan, jangan lupa untuk rajin membukanya, ya. Buku yang disimpan dalam jangka waktu yang lama akan lebih mudah lapuk dan berjamur. Akibatnya, buku bisa saja sewaktu-waktu menjadi sobek dan mudah rusak. Selain itu, buku pun akan timbul bercak kuning dan bintik-bintik pada lembarannya.

Jangan dilipat

cara merawat buku
Foto: freepik

Agar tidak mudah rusak, kamu bisa menerapkan cara merawat buku yang paling mudah dengan menghindari melipat buku. Melipat buku akan membuat kertas menjadi lebih cepat rusak. Sebaiknya, gunakan pembatas buku jika ingin lebih mudah memberi tanda pada buku yang sedang kamu baca.

Buku-buku tertentu memiliki pembatas buku yang menjadi satu dengan buku yang dijual. Sementara itu, buku yang tidak memiliki pembatas buku bisa kamu beri pembatas dengan membuatnya sendiri. Kamu bisa menggunakan barang-barang sederhana di sekitarmu sebagai pembatas buku. Kamu juga bisa menggunakan sticky note yang bisa melekat untuk menandai kalimat yang sedang kamu baca.

Simpan di tempat sejuk

cara merawat buku
Foto: freepik

Hindari menyimpan buku pada tempat yang lembap. Tempat yang lembap memiliki kemungkinan untuk membuat buku menjadi lebih cepat rusak. Jamur akan lebih mudah bersarang dan merusak buku milikmu.

Beri sampul plastik

cara merawat buku
Foto: freepik

Sudah jadi rahasia umum bila sampul buku diberikan untuk merawat bagian cover. Buku yang hard cover biasanya lebih tidak mudah rusak ketimbang buku soft cover. Dengan menambahkan sampul plastik, kamu bisa merawat bagian luarnya sehingga akan selalu tampak baru ketika sampul plastik dibuka.

Sampul plastik juga bisa menghindari buku dari air, terutama jika tidak sengaja diletakkan di tempat basah. Harga penyampulan juga relatif murah dan jasa penyampulan biasa disediakan di toko-toko buku.

Menu onigiri

Buat Sendiri Onigiri untuk Bekal Makan Siang

fakta galaksi di alam semesta

Unik, Beginilah Fakta Galaksi di Alam Semesta