in

Agar Tubuh Lebih Sehat, Ayo Berjemur!

berjemur badan saat pagi hari itu ternyata penting loh

berjemur
foto: pexels

Ngobrolin.id — Saat ini kamu membutuhkan banyak jenis asupan vitamin untuk membuat diri kamu kuat menangkal berbagai macam jenis penyakit. Biasanya vitamin tersebut bisa kamu dapatkan dari makanan yang kamu konsumsi, seperti vitamin C yang bisa didapatkan dari buah-buahan yang kaya vitamin C. Namun, vitamin D cukup jarang dijumpai pada bahan masakan dan kamu bisa mendapatkannya langsung dari sinar matahari pagi dengan berjemur.

Bukan hanya bayi yang membutuhkan sinar matahari pagi, kamu dan semua usia juga sebenarnya membutuhkan sinar matahari. Hal ini dikarenakan tubuh tidak bisa memproduksi vitamin D sendiri, sedangkan tak semuanya bahan masakan mengandung vitamin D. Oleh karena itu, kamu juga membutuhkan sinar matahari pagi untuk menambah asupan vitamin D secara gratis dan mudah.

Mudah karena kamu tinggal di Indonesia yang memiliki kelebihan akses matahari pagi yang sehat. Selain menaikkan imun tubuh dengan memperoleh vitamin D, tubuh juga bisa terhindar dari beberapa penyakit yang disebabkan oleh kekurangan vitamin D seperti tuberculosis, multiple scelerosis, dan diabetes tipe 1. Sementara, pada anak dapat menghindari penyakit rakitis.

Sangat banyak manfaat berjemur badan pada hari, apalagi jika diselingkan dengan kegiatan olahraga sambil meregangkan bagian-bagian tubuh agar tubuh lebih segar untuk menghadapi hari.

Saat ini di tengah wabah virus Corona masyarakat Indonesia berbondong-bondong keluar pagi untuk mendapatkan sinar matahari guna meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Namun, sayangnya ada yang masih belum ada yang mengerti. Sebenarnya, jam berapa sih waktu yang tepat untuk berjemur diri. Banyak masyarakat yang berjemur pada jam 7 pagi untuk menghindari teriknya matahari jika terlalu siang.

Waktu yang tepat untuk berjemur badan adalah pada pukul 08.00—10.00. Akan lebih baik jika mendekati pukul 10.00. Lakukanlah selama 15—20 menit saja, tidak perlu terlalu lama.

Saat menjemur badan, pastikan sinar matahari langsung mengenai permukaan kulit. Oleh karena itu, bagi kamu yang mengenakan hijab, sebaiknya lakukan penjemuran badan di dalam pekarangan rumah agar bisa lepas jilbab dan proses penyerapannya pun menjadi lebih optimal.

 

 

 

 

 

vitamin sayuran

Ini Dia Vitamin Sayuran yang Dibutuhkan Tubuh

salad buah

Bingung Mau Masak Apa? Coba Bikin Salad Buah!