in ,

Ahli Waris Conan Doyle Menuntut Tokoh Sherlock di Film Enola Holmes, Wah Kenapa Ya?

menurut kamu gimana guys?

Sherlock Holmes
foto: instagram @netflix.id

Ngobrolin.id— Film Enola Holmes baru saja tayang di Netflix pada 23 September lalu. Secara mengejutkan ada perbedaan karakter Sherlock Holmes yang tampak mencolok dalam film tersebut. Perbedaan itulah yang menyebabkan ahli waris pencipta tokoh detektif fiktif itu mengajukan gugatan pelanggaran hak cipta pada Netflix.

Selain gugatan, beberapa penggemar juga mengkritik adanya perbedaan karakter Sherlock Holmes yang terlihat lebih hangat di dalam film tersebut.

Ahli waris Conan Doyle menuntut adanya perubahan emosi karakter tokoh Sherlock Holmes yang dinilai melanggar hak cipta. Mereka beranggapan bahwa emosi Sherlock di dalam film Enola Holmes terlalu hangat.

Ahli waris menyebutkan, pengembangan perasaan tokoh merupakan bagian dari hak cipta yang harus dilindungi. Oleh karena itu, perbedaan emosional Sherlock dalam film ini tampaknya membuat banyak pihak kurang menyukainya.

Gugatan tersebut sebenarnya sudah diajukan sejak 23 Juni ke pengadilan Federal New Mexico, gugatan diajukan untuk Netflix, Legendary Pictures, Penguin Random House, termasuk Nancy Springer. Nancy Springer merupakan penulis seri buku yang digunakan sebagai pembentuk dasar film Enola Holmes.

Henry Canvil sebagai pemeran tokoh Sherlock Holmes pada film ini mengaku tidak mengambil pusing gugatan hukum yang dilayangkan. Pasalnya, kapasitasnya hanya memerankan tokoh yang sesuai dengan naskah, sedangkan urusan hukum sudah berada di luar ranahnya.

Sebenarnya, wajar sih kalau ada banyak pihak yang merasa sedikit kecewa dengan tokoh Sherlock dalam film ini. Pasalnya, perbedaan yang terjadi sangat mencolok karena pada dasarnya sifat dingin Sherlock menjadi salah satu daya tarik dari tokoh detektif independen tersebut. Jadi, agak terlihat ganjil melihat Sherlock yang bisa langsung hangat dengan orang.

Padahal, di beberapa film, Sherlock masih terlihat dingin dan kaku terhadap orang-orang yang berada di dekatnya. Misalnya, pada Dr. Watson, rekannya sendiri, atau bahkan Irene Adler, satu-satunya wanita yang berhasil membuat Sherlock jatuh hati.

Penggambaran sebagai tokoh detektif yang dingin sudah sangat melekat pada diri Sherlock, di film layar lebar, film drama seri, apalagi di dalam novel yang langsung ditulis oleh Sir Arthur Conan Doyle.

Meskipun demikian, film ini mendapatkan rating sedang, seperti di IMDb sekitar 6,7/10, Rotten Tomatoes sekitar 92 persen, dan Metacritic sebesar 68 persen.

Secara keseluruhan film masih terbilang cukup baik, jalan ceritanya bagus, latar belakang tempat dan waktunya tepat, kostum sesuai, ya pokoknya vibe-nya sudah bagus. Namun, yang disayangkan memang penggambaran tokoh Sherlock yang cukup berbeda.

selfie pegang ktp

Hati-hati, Jangan Berikan Foto Selfie Pegang KTP ke Sembarang Orang

merasa hampa

Lagi Merasa Hampa? Begini Cara Mengatasinya!