in ,

Alasan Kamu Harus Berhenti Jadi People Pleaser

mencintai diri sendiri itu juga penting

people pleaser
foto: Pixabay

Ngobrolin.id People pleaser merupakan sebutan untuk mereka yang selalu berusaha menyenangkan orang-orang di sekitarnya. Mereka rela melakukan apa pun agar orang yang berada di sekitarnya merasa senang.

Sebenarnya, tidak salah untuk membuat orang lain yang berada di sekitar kamu merasa senang. Namun, hal tersebut dapat menjadi bahaya bagi diri sendiri karena kamu dapat melupakan kepentinganmu sendiri.

Berikut ini sederet alasan kamu sudah harus berhenti menjadi people pleaser dan mulai menghargai hidup sendiri.

Hanya bisa bahagia kalau kamu berbuat baik untuk orang lain

Jika kamu menaruh rasa bahagia pada orang lain sehingga ketika tidak bisa membuat orang lain bahagia, kamu akan merasa sedih. Padahal, kamu juga harus bisa menghargai dan mencintai diri sendiri dengan cara membuat diri bahagia.

Jangan pedulikan validasi dari orang lain agar kamu tidak selalu merasa bahagia dari validasi tersebut. Jadikan validasi tersebut sebagai nilai tambah saja.

Jadi rentan kecewa karena berharap pada orang lain

Masih menyambung dari kebiasaan people pleaser yang berusaha membuat orang lain senang, orang yang bertipe ini juga rentan kecewa karena orang lain. Tanamkan dalam hati ketika kamu ingin berbuat baik kepada orang, lakukan hal tersebut murni karena kamu ingin membantunya tanpa berharap suatu hari ia dapat melakukan hal yang sama seperti kamu.

Lebih memprioritaskan orang lain

Sebenarnya, tidak ada yang salah dari tindakan membantu orang lain, apalagi jika orang tersebut sangat membutuhkan pertolongan kamu. Namun, kamu harus juga memerhatikan diri sendiri, jangan sampai terlalu responsif terhadap permintaan orang lain tetapi malah mengabaikan kebutuhan diri sendiri.

Gak apa-apa kok kalau kamu saat ini tidak bisa membantu orang lain karena keadaan. Kamu berhak menjadi egois pada beberapa kesempatan untuk menyelamatkan diri sendiri.

Tindakan baik kamu belum tentu membuat orang lain senang

Apakah kamu sering dengar pernyataan ‘yang menurut kita baik belum tentu baik bagi orang lain?’ Sepertinya, pernyataan itu benar adanya. Semua tindakan baik menurut kamu belum tentu baik bagi orang lain. People pleasing cukup sulit menolak pilihan tidak, padahal tidak semua orang bisa bahagia ketika kamu berkata ya.

asyik tanpa hape

Tips agar Kumpul Sama Teman-teman Semakin Asyik Tanpa Hp

biaya admin jenius

Jenius Kenakan Biaya Admin Rp10.000 Mulai Januari 2021