in

Alasan Kenapa Thailand Identik Sama Gajah Putih

gajah putih thailand
Foto: pixabay

Ngobrolin.id — Pernah bertanya-tanya nggak,sih, kenapa Thailand identik banget sama yang namanya gajah, terutama gajah putih? Gajah putih Thailand emang udah jadi perlambang negara yang masih dipimpin seorang raja ini. Bukan tanpa alasan, lho. Kira-kira, begini kisahnya.

Gajah putih atau gajah albino adalah jenis gajah yang langka. Walaupun namanya gajah putih, gajah ini tidak benar-benar putih, tetapi hanya berwarna lebih lembut dari gajah pada umumnya. Jika terkena air dan basah, kulit gajah putih akan berubah warna menjadi merah muda. Dibandingkan gajah lainnya, gajah putih juga punya kuku dan bulu mata yang lebih lentik.

Di Thailand, gajah putih atau dalam bahasa Thailand disebut chang phueak merupakan lambang kesucian dan simbol kekuasaan sebuah kerajaan. Gajah putih juga dianggap sakral karena merupakan simbol royalitas dalam agama Budha. Hal ini karena pada malam kelahiran sang Budha, ibunya bermimpi bertemu dengan seekor gajah putih. Gajah tersebut memberinya bunga teratai.

Dahulu, gajah digunakan sebagai alat transportasi, termasuk untuk keluar masuk hutan. Namun jika ditemukan gajah putih, binatang tersebut harus diserahkan kepada raja. Istimewanya, gajah yang diserahkan tersebut akan mengikuti upacara kerajaan dan gajah sama sekali tidak dikurung, lho.

Jika semakin banyak kepemilikan gajah putih pada suatu kerajaan, semakin besar pula kekuasaan yang dimiliki. Tradisi ini sebenarnya berlaku di beberapa wilayah seperti Burma, Vietnam, Myanmar, dan wilayah sekitarnya. Karena kebiasaan inilah muncul sebutan Negeri Gajah Putih.

Hal ini tentu sangat berbeda dengan zaman dulu, ya. Dahulu, gajah putih kualitas rendah akan diberikan kepada sekutu Kerajaan Siam. Merawat gajah putih tidak mudah, lho. Karena ia merupakan hewan yang disucikan, tentu si gajah tidak boleh dipekerjakan.

Konon gajah putih juga kadang diberikan kepada kerajaan musuh. Karena perawatannya yang sulit dan memakan banyak biaya, kerajaan yang menerima justru tidak akan memperoleh keuntungan dan malah bangkrut.

Thailand juga menggunakan pasukan gajah untuk memerangi kerajaan Burma, Malaysia, dan Khmer untuk melindungi dirinya.

Raja Thailand Rama IX saat ini memiliki sepuluh gajah putih. Tentu ini merupakan pencapaian yang luar biasa mengingat kemajuan teknologi membuat populasi gajah putih semakin seidkit.

Meskipun demikian, gajah putih yang berada di Kerajaan Thailand tidak harus selalu albino. Persyaratan utama yang harus dipenuhi adalah memiliki warna pucat dan cocok dengan syarat fisik dan perilaku, termasuk warna mata, bentuk ekor dan telinga, serta kecerdasan.

Jika kamu berwisata ke Thailand, ada beberapa tempat menarik untuk bisa melihat gajah secara langsung. Tempat-tempat tersebut adalah Elephant Nature Park, Friends of the Asian Elephant Hospital, Elephant Hills, Elephant Jungle Sunctuary, dan Phang Nga Elephant Park. Kira-kira begitulah kenapa sampai sekarang kalau kamu berwisata ke Thailand, pasti banyak penjual yang menjajakan aneka cendera mata dengan aksen serba gajah.

aplikasi pengelola keungan

Catat Pengeluaranmu di Aplikasi Pengelola Keuangan Ini

es krim gelato

Gelato, Si Manis Dingin Bukan Es Krim Biasa