in

Alasan Mengapa Banyak yang Menyerukan Boikot Film Mulan

padahal baru tayang sebentar setelah mengalami penundaan yang cukup lama

film mulan
foto : instagram @mulan

Ngoborlin.id Mulan merupakan salah satu film layar lebar yang terpaksa ditunda penayangannya di bioskop karena pandemi. Setelah itu, pihak produksi film memutuskan untuk memutarkan film tersebut di Disney +, salah satu penyedia jasa streaming film, terutama untuk film Disney. Namun, sayangnya baru beberapa hari film tersebut tayang sudah ada seruan untuk boikot film Mulan.

Mulan adalah film live action yang diadaptasi dari salah satu tokoh kartun Disney yang sudah terkenal. Film Mulan mendapatkan seruan boikot dari berbagai aktivis di Asia. Salah satunya adalah aktivis di Thailand dan Taiwan yang bergabung untuk melakukan unjuk rasa di Hong Kong, aktivis tersebut sedang memperjuangkan reformasi demokrasi.

Alasan mengapa film tersebut mendapatkan seruan boikot adalah karena aktris Liu Yifei yang memerankan tokoh Mulan secara terang-terangan mendukung pihak polisi Hong Kong yang dianggap brutal saat meredam demonstran di Hong Kong. Hal tersebut langsung memicu kontroversial di kalangan aktivis.

Selain itu, film ini juga digarap di beberapa wilayah Cina yang diduga merupakan lokasi kasus pelanggaran hak asasi manusia, yakni di Xinjiang. Di lokasi tersebut sedang terjadi kasus pelanggaran HAM (hak asasi manusia) kepada mayoritas muslim Uighur yang diduga ditahan.

Di lokasi tersebut juga dibangun camp re-edukasi yang bertujuan untuk membersihkan tiga macam kejahatan, di antaranya separatisme, terorisme, dan ekstrimisme.

Setelah mengetahui dua fakta tersebut, semakin banyak masyarakat yang menyerukan untuk memboikot film ini. Padahal, film yang sudah mengalami penundaan tayang yang cukup lama ini baru saja bisa dinikmati di Disney+. Penonton dibebankan biaya tambahan untuk menonton film tersebut.

Film Mulan sudah mulai diputar di beberapa negara saja dan Indonesia bukan termasuk negara yang sudah memutarkan film tersebut.

Hingga saat ini belum ada pernyataan resmi dari pihak Disney ataupun aktris Liu Yifei atas pemberitaan yang sudah beredar di mana-mana, bahkan di Indonesia. Padahal, pada awal kemunculan teaser film tersebut, banyak penggemar Disney yang sudah tidak sabar ingin menyaksikan kisah film tersebut yang diadaptasi menjadi liveaction.

film dokumenter sulli

MBC Garap Film Dokumenter Sulli untuk Mengenang 1 Tahun Kepergiannya

album moonchild

Album Moonchild Niki Zefanya Rilis, Berisi Balada Dalam Mencari Jati Diri