in ,

Alasan Orang Jepang Menyeruput Mi Sampai Bunyi ‘Sluuurp’

ternyata ini alasannya, guys!

orang jepang menyeruput mi
foto: pixabay

Ngobrolin.id — Kalau kamu sering menonton serial kartun atau film Jepang, kamu akan menyadari sesuatu, yaitu saat orang Jepang menyeruput mi sampai mengeluarkan suara ‘sluuurp’. Di Indonesia, kebiasaan tersebut bukan kebiasaan yang sering dilakukan. Bunyi ‘sluurrp’ saat menyeruput mi hanya terjadi pada saat penayangan iklan untuk menciptakan kesan menggoda.

Ada beberapa alasan mengapa orang Jepang menyeruput mi hingga seheboh itu, padahal seperti yang kita ketahui bahwa orang Jepang terkenal kurang nyaman ketika ada kebisingan. Ternyata, cara ini merupakan tradisi mereka yang sudah dilakukan sejak dahulu kala. Hal tersebut menyebabkan kebiasaan yang dilakukan secara turun-temurun. Tradisi ini memang terdengar sangat unik.

Dilansir dari Nippon.com, Horii Yoshinori, pemilik kedai soba yang sudah berdiri selama 220 tahun di Tokyo menjelaskan bahwa aroma soba lebih nikmat jika dinikmati melalui mulut, bukan hidung.

“Aorma soba lebih baik dinikmati melalui mulut, bukan melalui hidung. Seperti wine tasting, kita pertama mencium aromanya, lalu mencium gelasnya, dan menyesapnya sedikit untuk menangkap aromanya. Mereka menyebutnya penciutan orthonasal dan penciuman retronasal. Soba sulit tercium oleh rute pertama, jadi kami memanfaatkan jalur kedua sebaik mungkin,” jelas Horii.

Horii menjelaskan aroma dari soba keluar setelah melalui proses pemasakan, terutama saat soba dimasak pada steamer bambu. Jika kamu hanya menikmati aromanya dari hidung, aromanya akan terasa biasa saja, bahkan cenderung tidak mengeluarkan aroma apa-apa.

Sementara itu, jika aromanya dinikmati melalui mulut pada saat menyeruput mi soba, aroma akan terasa lebih kuat. Itulah cara menikmati soba yang benar, yaitu dengan menyeruputnya.

Kebiasaan orang Jepang menyeruput mi sudah terjadi sejak 400 tahun silam, pada saat soba baru ditemukan dan menjadi makanan yang populer. Karena tradisi inilah, saat ini banyak orang Jepang yang tidak hanya melakukan kebiasaan itu pada mi soba, mereka juga kerap melakukannya pada saat mengonsumsi udon, ramen, dan jenis mi lainnya.

Selain bisa merasakan ledakan aroma di dalam mulut, menyeruput mi juga cara untuk mencegah lidah terbakar karena kuah yang masih panas. Saat menyeruput, udara akan masuk ke mulut dan suhu mi yang panas pun menjadi turun.

 

 

menagih hutang

Tips Ampuh Menagih Utang ke Teman

game berbahaya di android

Deretan Game Berbahaya di Android, Sebaiknya Segera Dihapus!