in ,

Alasan Orang Menggandrungi Tren Busana Thrifting

thrifting
foto: Pixabay

Ngobrolin.id — Sebetulnya, aktivitas jual beli baju bekas sudah berlangsung sejak lama. Tren membeli baju bekas atau nama kerennya thrifting, mulai naik daun di Indonesia pada akhir 2020 kemarin. Tren ini menimbulkan dampak yang positif di tengah pandemi COVID-19 karena bisa menjadi sumber pendapatan yang cukup menjanjikan. Tentunya, baju-baju yang dibeli masih layak dan bagus.

Ada banyak alasan kenapa orang-orang mulai tertarik dengan thrifting. Melansir dari kompas.com, fashion desainer brand Rengganis dan Indische sekaligus Vice Executive Chairman Indonesian Fashion Chamber (IFC), Riri Rengganis, mengatakan, ada tiga faktor utama yang memicu orang-orang menyukai thrifting, yakni menantang kreativitas dalam styling, harganya lebih murah, dan tingginya tingkat kesadaran akan sustainability (keberlanjutan), pasalnya baju bekas merupakan salah satu sumber limbah.

Berbelanja baju-baju bekas terkadang menimbulkan kejutan karena kamu bisa menemukan barang-barang unik. Apalagi, biasanya barang tersebut sangat jarang ditemui jadi kamu nggak bakal kembaran dengan orang lain. Dengan barang unik tersebut, kamu bisa meningkatkan tingkat kreativitas untuk memadupadankan menjadi tampilan style yang menarik.

Tentunya, barang yang dijual pada thrifting shop jauh lebih murah dibanding barang baru. Dengan begitu, mereka yang senang dengan dunia fashion bisa lebih leluasa untuk berkreativitas tanpa membuat kantong jebol.

Tingginya minat terhadap pakaian thrifting membuat penjual lebih cepat menyediakan barang baru. Jadi, kamu nggak bakalan bosan dengan barang yang modelnya hanya itu. Menurut banyak orang yang pernah membeli pakaian preloved, mereka sering menemukan pakaian yang bagus dan unik sehingga rasanya seperti berburu harta karun.

Meskipun terlihat menyenangkan, kamu perlu hati-hati saat membeli pakaian thrifting. Jangan hanya membeli pakaian karena terlihat eye catching atau fast fashion. Hal itu bisa menyebabkan pakaian hanya bisa dipakai sebentar, lalu akan menjadi sampah juga. Akhirnya, misi suistanable-nya gagal deh!

Jadi, sebelum membeli pakaian thrifting, penting sekali untuk mempertimbangkan kualitas dan tujuan pembeliannya.

Saat ingin belanja pakaian preloved, sebaiknya riset harga dulu karena sekarang banyak penjual yang menaikkan harganya menjadi lebih mahal. Pakaian preloved dengan harga tinggi itu kurang worth it karena sejatinya pakaian tersebut merupakan barang bekas yang sudah dipakai sehingga kamu menanggung risiko yang cukup besar saat membelinya.

sifat asli teman

Tips dan Trik Mengetahui Sifat Asli Teman

golongan darah

Apa Benar Kepribadian Bisa Diketahui dari Golongan Darah?