in

Alasan Penamaan Bika Ambon dari Medan

Bika ambon yang bukan dari Ambon, lantas mengapa namanya demikian?

bika ambon
Foto: instagram fen.z

Ngobrolin.id — Berkunjung ke Sumatera Utara tak lengkap tanpa membawa pulang oleh-oleh berupa bika ambon. Mungkin banyak yang mengira jika makanan yang satu ini awalnya berasal dari Ambon, Maluku. Kira-kira, kenapa namanya bika ambon padahal dari Medan?

Bika ambon sendiri adalah sejenis kue tradisional. Kue berserat ini terbuat dari telur, gula, dan santan. Bika ambon versi original dijual dengan rasa pandan. Kini, kamu bisa menjumpai kue ini disajikan dalam berbagai rasa mulai dari keju, cokelat, gula jawa, hingga green tea.

Sejarah bika ambon sendiri tak lepas dari kue khas Melayu yang dikenal dengan nama bika atau bingka. Kue ini kemudian diberi pengembang berupa nira atau tuak enau sehingga bisa berongga. Trik ini ternyata bisa membuat kue bika menjadi berbeda dari kue bika kebanyakan.

Penjualan kue ini mulanya banyak terdapat di Jalan Ambon, Sei Kera, Medan. Sejak saat itu, kue bika khas Medan ini pun dikenal dengan nama bika ambon.

Cerita lain mengisahkan bahwa dahulu kala, ada seorang penduduk yang berasal dari Ambon. Ia merantau ke Malaysia sambil membawa kue bika. Pria itu pun menetap di Medan dan berbisnis bika hingga bika ambon terkenal seperti sekarang.

Versi lain dari alasan penamaan bika ambon sendiri diambil dari bahasa lokal. Dalam bahasa Medan, kata ‘ambon’ bisa diartikan sebagai ‘lembut’. Nama ini tak heran disematkan karena bika ambon memang memiliki tekstur yang lembut dan empuk saat dimakan.

Di Medan sendiri, kamu bisa menjumpai banyak penjaja kue bika ambon di Jalan Majapahit. Di wilayah ini, sudah banyak terdapat penjual bika ambon sejak 1980-an. Bisa dibilang, daerah ini merupakan pusat oleh-oleh bika ambon bagi para pelancong.

Bika ambon juga sempat populer dipadukan dengan es krim. Menu bika dan es krim yang manis dan dingin ini banyak menjadi kudapan masyarakat. Wow, kamu sudah pernah coba?

Ditujukan sebagai oleh-oleh, bika ambon bisa bertahan di suhu ruangan selama 3—4 hari. Jadi, kamu tak perlu khawatir bika ambon yang kamu bawa akan cepat basi. Yuk, jalan-jalan ke Medan!

raket badminton

Tips Memilih Raket Badminton, Pilih yang Seperti Ini

meningkatkan kecerdasan emosional

Tips Meningkatkan Kecerdasan Emosional di Tempat Kerja