in

Anak Kos Wajib Tahu: Tips Masak Telur dengan Sempurna

Telur, pemasok utama protein bagi mahasiswa

memasak telur
Foto: freepik

Ngobrolin.id — Sebagai bahan makanan yang paling gampang diolah sebelum dikonsumsi, telur menjadi primadona bagi anak kos. Belum lagi harganya yang terbilang terjangkau jika dibandingkan dengan sumber protein hewani lainnya. Sayangnya, tak banyak yang tahu bila ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat memasak telur agar hasilnya sempurna.

Salah satu hal yang perlu kamu ingat saat memasak telur adalah rasa dan kandungan gizinya. Selain memasak agar rasanya enak, kamu juga perlu mengingat bahwa kamu membutuhkan banyak kandungan gizi dari telur. Berikut ini beberapa tips dari Tim Ngobrolin yang bisa kamu terapkan sambil menyiapkan menu olahan telur favoritmu.

Telur untuk tumis dan orak-arik

Salah satu hidangan yang praktis dan mudah dibuat adalah tumis dengan tambahan telur, atau yang lebih dikenal dengan nama orak-arik. Olahan telur ini selain bernutrisi dari telur, juga memiliki kandungan gizi dari sayur-mayur yang digunakan.

Biasanya, kita cenderung memasak telur untuk orak-arik dalam waktu yang singkat. Telur akan ditambahkan pada masakan dengan api besar. Akibatnya, telur akan menjadi kering. Tak jarang, telur yang dimasak dengan cara ini justru akan menjadi gosong!

Untuk mengatasi hal tersebut, kamu bisa menerapkan memasak telur dengan menggunakan api kecil. Memasak dengan api kecil akan memungkinkan telur matang merata dan tidak kering apalagi gosong. Selamat mencoba!

Niatnya, sih, irit minyak

Kesalahan kedua yang umum dilakukan anak kos saat menggoreng telur adalah menggunakan minyak dalam jumlah terlalu sedikit. Salah satu kelebihan telur goreng memang hanya membutuhkan sedikit minyak. Namun, jika terlalu sedikit, telur justru akan lengket dan rawan gosong.

Jangan khawatir, jika kamu sudah memasukkan telur ke penggorengan, cukup tambahkan minyak atau mentega ke sisi dan bagian atas telur. Niscaya telur yang sedang kamu goreng akan berkurang lengketnya di wajan.

Rebus telur jangan lama-lama

Telur rebus biasa dimasak dalam keadaan utuh. Sebelum memasukkannya pada air yang dimasak, kamu harus mencuci telur ini dulu, ya! Hal ini penting untuk mengurangi risiko kotoran yang masih terdapat pada telur ikut meresap ke dalam telur.

Kebanyakan dari kita tentu kesulitan mengetahui apakah telur tersebut sudah matang atau belum. Untuk memastikan bahwa telur benar-benar matang, kita akan merebusnya selama mungkin. Kalau perlu bahkan hingga airnya susut.

Tak perlu lagi melakukan cara itu karena telur rebus akan matang dengan tekstur yang pas jika direbus pada air mendidih dengan api sedang dalam waktu 9 menit. Jika kamu ingin telurmu setengah matang, kamu cukup merebusnya selama 6 menit. Setelah diangkat, langsung rendam telur dalam air dingin agar mudah dikupas, ya!

mirip berarti jodoh

Mirip Berarti Jodoh, Mitos Atau Fakta?

terbang naik balon udara

Gak Usah ke Turki, Kamu Bisa Terbang Naik Balon Udara di Bromo