in ,

Anak Mengompol? Ini Cara Hilangkan Baunya pada Kasur

Jangan jadikan masalah, lebih baik hilangkan baunya dengan cara ini

menghilangkan bau ompol
Foto: freepik

Ngobrolin.id — Moms, apakah si kecil masih sering mengompol? Mengompol di kasur saat tidur sering kali meninggalkan bekas pada kasur. Biasanya, bekas tersebut dalam bentuk noda dan bau yang sulit dihilangkan. Intip tips menghilangkan bau ompol berikut agar kasur kembali wangi dan nyaman digunakan untuk tidur.

Kapur barus

Salah satu bahan yang bisa Anda gunakan untuk mengurangi bau ompol adalah dengan kapur barus. Gunakan spons kering dan tekan spons pada permukaan kasur yang terkena ompol. Selanjutnya, gunakan spons kembali setelah dicelupkan ke dalam campuran air dan deterjen. Tekan kembali spons tersebut pada area ompol.

Kasur yang sudah dicuci, kemudian dikeringkan dengan setrika atau hair dryer. Jika Moms hendak menyetrika, usahakan kasur sudah dilapisi dengan kain lain agar tidak lengket. Setelah kering, taburkan kapur barus yang sudah dihaluskan ke bagian yang terkena ompol. Diamkan semalam dan esoknya, bersihkan kasur dengan vacuum cleaner atau sapu khusus.

Bedak bayi

Aroma khas dari bedak bayi juga bisa Moms gunakan untuk menutupi bau pesing akibat ompol. Selain itu, anak-anak biasanya menggunakan bedak bayi sehingga Moms tidak perlu melakukan pembelian lagi.

Cara penggunaan bedak bayi cukup dengan menaburkannya di kasur yang terkena ompol. Biarkan selama 30—60 menit. Jika sudah, bersihkan bedak bayi menggunakan vacuum cleaner atau sapu pembersih khusus.

Obat kumur

Selain dua bahan di atas, Moms juga bisa mengunakan obat kumur untuk menghilangkan bau pesing. Tuangkan sedikit obat kumur di area kasur yang terkena ompol. Sikat area yang sudah dibasahi dengan sikat gigi bekas.

Biarkan selama 5—10 menit hingga cukup meresap. Setelah itu, gunakan kain lap yang masih bersih untuk menyerap area yang terkena ompol tersebut. Keringkan kasur dengan menggunakan hair dryer atau dijemur di bawah matahari langsung.

Soda kue

Terakhir, Moms bisa memanfaatkan soda kue untuk menghilangkan bau ompol. Taburkan soda kue pada bagian yang terkena ompol dan diamkan selama 5—10 menit. Setelah itu, bersihkan soda kue dan buatlah campuran deterjen dengan air dengan takaran 1 sendok makan deterjen dan satu liter air.

Semprotkan campuran tersebut ke area yang terkena ompol, kemudian diamkan selama 10—30 menit. Biarkan meresap dan tekan-tekan menggunakan handuk kering. Taburkan kembali soda kue. Jemur di bawah matahari dan bersihkan sisa bubuk soda kue dengan vacuum cleaner.

 

Jamur dinding

Tips Hindarkan Rumah dari Jamur Dinding

menghilangkan kutu kasur

Basmi Kutu Kasur dengan Cara Mudah dan Simpel