in ,

Anhedonia, Kondisi Seseorang yang Sulit Merasa Bahagia

duh pasti capek karena sulit untuk merasakan bahagia

anhedonia
foto: pixabay

Ngobrolin.id — Pernah merasa tidak bahagia meskipun sudah melakukan hal yang paling kamu sukai? Perasaan tersebut sering dialami oleh seseorang yang mengalami anhedonia. Anhedonia merupakan kondisi di mana seseorang kehilangan minat pada sesuatu yang pernah disukai dan mengalami penurunan kemampuan untuk merasakan kesenangan.

Anhedonia merupakan gejala dari gangguan inti depresi mayor dan merupakan gejala gangguan kesehatan mental. Ada juga seseorang yang mengalami kondisi ini tapi tidak memiliki gangguan mental.

Kondisi terbagi menjadi dua jenis, yaitu anhedonia sosial dan anhedonia fisik. Anhedonia sosial merupakan kondisi di mana seseorang tidak tertarik dengan kontak sosial dan mengalami penurunan minat atau kesenangan terhadap situasi sosial.

Sementara, anhedonia fisik merupakan ketidakmampuan seseorang dalam merasakan kesenangan fisik, seperti saat makan, sentuhan, atau dalam berhubungan seks.

Seseorang yang sedang mengalami kondisi ini biasanya mengalami gejala seperti menarik dirinya dari kehidupan sosial, interaksi dengan relasi atau orang lain menjadi berkurang dari sebelumnya, kesulitan utnuk beradaptasi dengan situasi sosial, sering muncul perasaan negatif pada diri sendiri dan orang lain, kemampuan mengolah emosinya berkurang, serta sering melakukan emosi palsu seperti pura-pura bahagia dan sering sakit.

Ada banyak penyebab anhedonia yang bisa dialami oleh pasien, di antaranya memiliki gangguan mental seperti depresi atau skizofernia, mengonsumsi obat antidepresan atau antipsikotik, pengguna narkotika, memiliki peristiwa yang traumatik, mengalami penyakit berat, mengalami gangguan makan, dan masih banyak lagi.

Nah, kalau kamu sudah merasakan beberapa gejala di atas, sebaiknya lakukan konsultasi pada dokter  atau psikiater untuk memastikan apakah benar perasaan yang kamu alami ini anhedonia atau ada permasalahan lain. Jangan pernah melakukan self diagnose karena bisa berbahaya pada diri kamu sendiri.

Dokter atau psikiater biasanya akan melakukan wawancara klinis untuk menelusuri gejala yang sedang dialami serta beberapa riwayat kondisi yang pernah kamu alami. Dokter atau psikiater juga bisa melakukan tindakan khusus seperti ECT atau TMS, yaitu stimulasi sel saraf dengan menggunakan gelombang listrik atau magnetik. Saat pasien sudah terdiagnosis biasanya akan mendapatkan terapi obat untuk mengurangi keluhan tersebut.

vegetarian tidak memakan bawang

Mengapa Ada Vegetarian yang Tidak Memakan Bawang

tol lintas sumatera

Tol Lintas Sumatera Memiliki Terowongan untuk Gajah