in

Antara YouTube dan Lele, Rahasia Sukses William Perkasa

William Perkasa
Foto: Dokumentasi panitia

Ngobrolin.id — “Sebelum menjadi peternak lele, yang pertama harus jadi lele adalah diri kita sendiri.”–William Perkasa.

William Perkasa
Foto: Dokumentasi panitia

Pernyataan tersebut dilontarkan oleh William Perkasa, seorang peternak lele yang sudah malang melintang di dunia ternak lele sejak bertahun-tahun lalu. Nama William Perkasa sendiri dikenal di dunia ternak lele sejak ia mendirikan Perkumpulan Petani Lele Nusantara atau yang biasa disingkat P2LN.

William Perkasa juga aktif membagikan informasi seputar lele di media sosial YouTube. Hingga kini, subscriber channel YouTube-nya sudah mencapai 43 ribuan.

Bertempat di Gramedia Matraman, Jakarta pusat pada Minggu (17/3), William Perkasa meluncurkan buku perdananya yang ia terbitkan bersama penerbit Penebar Swadaya. Buku tersebut berisi tips dan trik beternak lele yang ia dapatkan sendiri berdasarkan pengalamannya dari awal hingga kini sukses dan memiliki omzet puluhan juta rupiah sekali panen.

Tak hanya meresmikan penerbitan bukunya, William Perkasa juga membagikan ilmu melalui seminar dan pelatihan Bongkar Rahasia Sukses Beternak Lele ala YouTuber William Perkasa. Acara ini ditujukan kepada siapa pun, baik yang sudah memulai maupun yang baru ingin mencoba membudidayakan lele. Di acara ini para peserta dapat berinteraksi langsung dengan William Perkasa. Dihadiri puluhan orang, acara tersebut berlangsung baik dan penuh antusias.

Pertanyaan-pertanyaan yang diajukan peserta dijawab oleh William Perkasa dengan meyakinkan, bahwa beternak lele itu sebenarnya mudah. Terkadang kendala yang terjadi itu karena kita hanya kurang terbiasa dan kurang ‘mendalami menjadi lele’ itu sendiri.

Seperti ketika salah seorang peserta bertanya mengenai tinggi air yang digunakan untuk beternak lele. William menyarankan agar mengurangi ketinggian dan menambah luasan kolam. Ia menganalogikan lele dengan manusia.

“Manusia lebih suka tinggal di rumah susun (rusun) atau di rumah biasa? Pasti rumah biasa. Sama seperti lele. Itulah mengapa, sebelum menjadi peternak lele, yang pertama harus jadi lele adalah diri kita sendiri,” jelasnya dan langsung disambut dengan tepuk tangan para peserta pelatihan.

William Perkasa
Foto: Dokumentasi Panitia

Acara tersebut juga dihadiri anggota Perkumpulan Petani Lele Nusantara. Komunitas yang sudah memiliki lebih dari 4.500 anggota tersebut juga menjelaskan keuntungan yang didapat bila bergabung dengan komunitas tersebut. Mulai dari pelatihan sampai informasi mengenai pembelian bibit lele dan penjualan lele yang sudah siap panen.

Acara Bongkar Rahasia Sukses Beternak Lele ala YouTuber William Perkasa ini mendapat apresiasi yang positif dari para peserta pelatihan. Salah satunya Agus, peternak lele dari Bekasi yang baru dua minggu membudidayakan lele.

“Acaranya bagus untuk pemula, bisa ngasih guidance dari awal pemilihan benih, perawatan, dan lain-lain. Cuma memang di luar ekspektasi mengenai kepadatan ikan. Sebelumnya, saya baru dua minggu beternak lele. Kata Pak William jumlah lele di angka 200 per meter kubik, sementara saya browsing bisa 700 ekor. Mungkin ini seperti berbeda mahzab. Tapi tadi dijelaskan demikian, dan acara ini bagus untuk pemula,” tutur Agus. Acara yang digelar selama 2 jam lebih ini terselenggara berkat kerja sama Penebar Swadaya, Niaga Swadaya, Gramedia Matraman, dan Komunitas P2LN. Selain itu, disponsori oleh Pertanianku.com dan Ngobrolin.id sebagai media partner.

grup vokal Tangga

Grup Vokal Tangga yang Bertransformasi Menjadi Dekat

Anemia

Atasi Anemia pada Si Kecil dengan Bayam Gulung