in

Apa Benar Kepribadian Bisa Diketahui dari Golongan Darah?

golongan darah
foto: Pixabay

Ngobrolin.id — Saat ini sudah banyak orang yang menggunakan golongan darah untuk menebak kepribadian seseorang. Konon, tiap golongan darah itu memiliki karakter yang berbeda-beda, sama halnya dengan zodiak atau shio.

Kepercayaan tersebut muncul pada 1930 saat profesor bernama Tokeji Furukawa yang mengatakan bahwa golongan darah mencerminkan kepribadian seseorang. Namun, nyatanya, kepercayaan tersebut masih belum memiliki landasan yang kuat.

Berdasarkan jurnal Public Library of Science yang dirilis pada 2015, memang ada hubungan yang signifikan antara genotip golongan darah ABO dan sifat-sifat kepribadiannya. Namun, hasil riset tersebut masih permulaan saja sehingga membutuhkan penelitian lebih lanjut untuk menguatkan hasil riset.

Melansir dari kompas.com, penelitian bernama Bloodtype and Personality yang diterbitkan di Science Direct edisi Mei 2003 menunjukkan tidak ada hubungan antara golongan darah dan kepribadian. Penelitian ini dilakukan dengan populasi normal dan bertujuan membandingkan masing-masing golongan darah.

Para ahli dalam studi tersebut menguji 180 pria dan 180 wanita. Sebanyak 30 pria dan 30 wanita dari masing-masing keempat golongan darah dimasukkan dalam analisis akhir.

Jadi, bisa disimpulkan kalau kepribadian berdasarkan golongan darah itu masih belum memiliki dukungan riset yang kuat. Meskipun demikian, banyak orang yang sudah mempercayainya. Nah, berikut ini beberapa analisis tentang kepribadian seseorang menurut golongan darah yang dipercayai masyarakat.

A

Tipe ini identik dengan sifat yang terorganisir, kritis, bertanggung jawab, konsisten, tenang dalam menghadapi masalah, dan berusaha adil dalam situasi apa pun. Namun, sayangnya keras kepala dan perfeksionis sehingga banyak orang yang suka geregetan saat berhadapan dengan orang-orang bergolongan darah A.

Orang-orang bergolongan darah A cenderung lebih memilih melakukan pekerjaannya sendiri. Mereka juga lebih susah merasa cocok dengan orang lain dan hanya menceritakannya kepada orang yang sudah dipercayainya.

B

Mereka memiliki semangat yang tinggi, aktif, kreatif, dan tingkat keingintahuannya tinggi. Jika mereka sudah tertarik dengan suatu hal, mereka bisa melakukannya dengan sepenuh hati.

Namun, sayangnya, mereka terkenal terlalu santai dan terkenal kurang kooperatif sehingga lebih suka mengikuti aturan atau ide sendiri. Ada juga sebagian dari mereka yang cenderung individualis dan lebih mementingkan logika dibanding perasaan.

AB

Mereka terkenal sulit diprediksi atau misterius. Hal ini karena kepribadiannya yang sering berubah, meskipun demikian mereka sangat mudah berteman dengan siapa saja. Mereka terkenal rasional dan mudah beradaptasi. Namun, sayangnya, mereka cenderung tidak tegas, mudah lupa, dan sensitif.

O

Tipe O hampir mirip dengan B. Mereka terkenal santai, easy going, mudah beradaptasi dengan lingkungan baru, dan mudah disukai banyak orang. Sayangnya, mereka mudah terpengaruh dengan orang lain, sulit fokus pada satu hal, dan keras kepala.

thrifting

Alasan Orang Menggandrungi Tren Busana Thrifting

insecure karena media sosial

Mengatasi Insecure Setelah Bermain Media Sosial