in ,

Apa itu Gas Air Mata? Kenapa Bisa Bikin Perih, Ya?

Apakah terbuat dari air mata?

gas air mata
foto: pixabay

Ngobrolin.idGas air mata sering kali digunakan oleh pihak keamanan negara dalam keadaan genting untuk membubarkan kerumunan massa yang sedang berdemo atau melakukan aksi. Biasanya, gas air mata disiapkan setiap kali ada unjuk rasa. Gas tersebut baru dikeluarkan ketika demonstrasi sudah tidak terkendali. Pertanyaan yang sering muncul di orang awam adalah apa itu gas air mata?

Gas ini tidak terbuat dari air mata ya, guys. Gas tersebut justru terbuat dari bahan kimia yang bisa menyebabkan mata sakit sehingga mengeluarkan air mata. Selain itu, gas tersebut juga dapat membuat pernapasan menjadi sesak dan beberapa gangguan lainnya.

Nama lain dari gas ini adalah lachrymator, gas terbuat dari senyawa padat aerosol seperti Bromoacetone dan Xylyl bromide yang diuapkan. Ketika gas tersebut dikeluarkan, gas akan membuat selaput lendir di mata, hidung, mulut, dan paru-paru menjadi iritasi. Akibatnya, timbul rasa ingin menangis, batuk, sesak, dan sakit mata.

Gas ini ternyata sudah lama digunakan, lho. Pada Agustus 1914 gas ini digunakan pertama kalinya oleh tentara Prancis melawan Jerman di kawasan perbatasan. Prajurit Prancis melemparkan granat yang berisikan gas tersebut. Gas ini memang digunakan untuk mengendalikan huru-hara.

Biasanya, gas dikeluarkan dengan alat khusus seperti pelontar granat atau sprayer berukuran besar. Penggunaan yang terlalu banyak bisa menyebabkan senyawa kimia bertahan cukup lama di udara, bahkan bisa bertahan lebih dari satu hari.

Meskipun dinamakan gas, nyatanya senjata ini tidak berbentuk gas, tetapi berbentuk bubuk yang mengembang di udara dan membentuk kabut halus.

Seseorang yang terkena gas air mata bisa mendapatkan permasalahan kesehatan yang cukup serius. Jadi, jangan pernah menganggap enteng gas ini. Kamu bisa mengalami memar parah, kehilangan penglihatan, bahkan bisa membuat patah tulang.

Para demonstran biasanya menggunakan pasta gigi untuk meminimalisir efek gas air mata. Namun, nyatanya, penggunaan pasta gigi sering kali dinilai kurang efektif. Cara efektif untuk mengatasi gas ini adalah menggunakan masker gas khusus yang bisa memfilter udara yang akan dihirup.

 

 

 

sindrom impostor

Apa itu Sindrom Impostor?

sandal crocs

Justin Bieber X Crocs, Sandal yang Pernah Hits pada Masanya Jadi Viral Lagi!