in

Apa Itu Quora? Kenapa Namanya Tidak Sepopuler ASKfm?

Apakah kamu termasuk pengguna Quora?

Quora
foto: Ngobrolin

Ngobrolin.id — Siapa yang baru mengetahui Quora belakanga ini? Quora merupakan media sosial yang menjadi ruang diskusi para penggunanya. Pengguna bisa mengajukan dan menjawab pertanyaan mengenai suatu topik tertentu. Setelah itu, mereka bisa melakukan diskusi terkait topik tersebut di kolom komentar.

Sepintas Quora mirip dengan ASKfm, media sosial yang menggunakan konsep tanya jawab. Hanya saja popularitas aplikasi ini memang tidak pernah se-booming ASKfm, tapi media sosial ini sudah memiliki pengguna yang sangat loyal. Kabarnya, tidak semua orang bisa menemukan Quora kalau bukan karena kebetulan.

Media sosial ini didirikan pertama kali pada Juni 2009 dan baru dipublikasi pada 21 Juni 2010. Quora merupakan website media sosial tanya jawab yang berasal dari Mountain View, California, U.S. Pendirinya adalah Adam D’Angelo dan Charlie Cheever, mereka berdua merupakan mantan karyawan di Facebook.

Pada 2020, media sosial ini sudah tersebar di 24 negara, salah satunya di Indonesia. Sebenarnya, tidak ada yang berbeda antara Quora dan media sosial pada umumnya, hanya saja media sosial ini berbasis komunitas dan penggunanya terbilang lebih dewasa sehingga mereka menggunakan media sosial ini dengan cukup baik.

Saat pertama kali membuat akun, kamu akan ditanyakan topik apa yang paling kamu suka, jurnalis, hiburan, kedokteran, traveling, atau film? Topik yang kamu pilih akan menentukan tanya jawab yang akan muncul di beranda.

Hampir sebagian besar tanya jawab yang berlangsung di Quora cukup berbobot. Penanya menjawab pertanyaan dengan benar dan pertanyaan yang muncul di beranda juga merupakan pertanyaan yang benar, bukan pertanyaan yang terkesan hanya bercanda.

Namun, sebaik-baiknya media sosial pasti ada saja celah yang digunakan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Ada sebagian pengguna Quora yang malah memublikasi cerita pribadinya sendiri di platform ini. Sebenarnya, tidak ada yang salah, hanya saja kalau terlalu sering dipakai untuk curhat nanti esensi media ini tidak akan jauh berbeda dengan media sosial yang lain.

Setiap pengguna sosial memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Misalnya, pengguna Twitter lebih ditekankan harus bisa open minded karena gaya bercanda mereka terbilang lebih sarkas dan dark.

Pengguna Instagram terbilang lebih universal karena instagram merupakan media sosial yang paling banyak digunakan sehingga penggunanya sangat beragam. Sementara, pengguna Quora dianggap lebih santai, kalem, dan lebih suka berdiskusi daripada debat pendapat.

memencet jerawat

Yakin Masih Mau Memencet Jerawat?

ASKfm

Apa Kabar ASKfm Saat Ini?