in

Apa sih Bedanya Hidroponik dan Akuaponik?

simak ulasan lebih lengkapnya disini

hidroponik dan akuaponik
foto: pixabay

Ngobrolin.id — Pasti kamu sudah tidak asing jika mendengar kata hidroponik dan akuaponik. Kata yang sama-sama berakhiran ponik ini merupakan metode atau teknik menanam yang sering digunakan dalam kegiatan urban farming.

Tahukah kamu bahwa kegiatan menanam itu banyak memberikan manfaat, lho! Selain dapat menghasilkan sayuran dan ikan, kegiatan menanam dapat menjadi obat untuk menenangkan pikiran dan jiwa.

Saat ini sudah berkembang dengan pesat tren urban farming di berbagai negara. Kamu sudah tertarik untuk mencobanya, belum? Kalau belum, mari kita kenalan lebih lanjut dengan urban farming.

Urban farming sendiri memiliki beberapa metode seperti vertikultur, hidroponik, akuaponik, dan aeroponik. Seluruh metode tersebut memiliki perbedaan. Seperti hidroponik dan akuaponik yang sudah mulai terkenal. Tapi, kamu tahu tidak perbedaan akuaponik dan hidroponik apa? Yuk, simak penjelasan berikut!

Secara umum

Hidroponik merupakan metode menanam tanpa menggunakan tanah sebagai medianya. Metode ini memakai media alternatif seperti rockwool, kerikir, pasir, dan lain lain. Sementara, akuaponik adalah sistem gabungan antara proses menanam hidroponik dan proses pembesaran ikan yang dilakukan secara bersamaan dalam satu instalasi.

Waktu

Pada sistem hidroponik, nutrisi untuk tanaman harus diberikan secara rutin agar tanaman dapat tumbuh dengan baik. Berbeda dengan hidroponik, pada sistem akuaponik, tanaman mendapatkan nutrisi dari air kolam ikan yang dialirkan ke tanaman. Nutrisi tersebut didapatkan dari hasil proses filtrasi kandungan amoniak.

Bakteri

Pada sistem hidroponik, kandungan bakteri terbilang cukup bersih karena hanya menggunakan air yang bersumber langsung dari sumber air. Pada sistem akuaponik, kehadiran bakteri sangat diperlukan untuk melakukan proses nitrifikasi.

Media tumbuh

Pada sistem hidroponik, media tumbuh diletakkan dalam pot atau pada talang yang disediakan. Sementara, pada sistem akuaponik, media tanam memiliki dua fungsi. Pertama, menjadi media untuk tanaman tumbuh. Kedua, menjadi biofilter untuk kotoran ikan yang berasal dari air kolam.

Nutirisi

Nutrisi pada hidroponik berasal dari asupan nutrisi yang diberikan oleh kamu, sedangkan pada akuaponik nutrisi didapatkan dari air yang dialirkan dari kolam ikan. Air tersebut membawa nutrisi yang baik untuk tanaman. Oleh karena itu, pada sistem akuaponik, seluruh sistem harus dipastikan bekerja dengan baik agar tidak membahayakan elemen lainnya.

rembulan tenggelam di wajahmu

‘Rembulan Tenggelam di Wajahmu’ akan Segera Masuk Layar Lebar

furnitur retro

Tips Menentukan Furnitur Retro yang Bagus untuk Desain Interior