in

Apa Sih Perbedaan Vegetarian dan Vegan

ketahui lebih dalam mengenai vegetarian dan vegan

vegetarian dan vegan
foto: unsplash

Ngobrolin.id Vegetarian dan vegan pada dasarnya merupakan pilihan hidup bukan hanya sebatas gaya hidup. Pilihan hidup yang diambil oleh seseorang yang akan menentukan pola makan hingga pola hidupnya dalam sehari-hari. Namun, ternyata vegan dan vegetarian memiliki arti yang berbeda, lho! Simak ulasan berikut.

Pengertian vegan

Vegan adalah program diet yang hanya memakan makanan yang ditanam seperti buah-buahan, kacang-kacangan, sayur, dan biji-bijian. Vegan sama sekali tidak mengonsumsi makanan yang berasal dari makhluk hidup beserta produk turunan seperti keju, susu, telur, madu, dan lain-lain.

Vegan sangat menghindari mengonsumsi produk hewani beserta turunannya dan murni hanya memakan makanan yang tumbuh dari tanaman. Oleh karena itu, para vegan umumnya akan memiliki nutrisi cukup yang berasal dari tanaman.

Pengertian vegetarian

Vegetarian memiliki arti hampir sama seperti vegan. Namun, umumnya vegetarian masih mengonsumsi produk turunan hewan.

Bagaimana menjadi vegan dan vegetarian

Sebetulnya untuk menjadi vegan atau vegetarian membutuhkan usaha yang cukup susah. Kamu harus terbiasa untuk tidak mengonsumsi produk hewan. Padahal produk hewan sangat sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Kamu akan membatasi seluruh akses produk hewani ke dalam tubuh kamu.

Jika kamu memiliki keinginan yang kuat, kamu dapat berhasil. Organ orang vegan dan vegetarian lama-kelamaan akan memusuhi produk turunan hewani karena sudah tidak terbiasa dengan kandungan tersebut. Tak heran, jika orang yang sudah lama menjadi vegan akan merasa mual ketika memakan produk hewani sepert daging.

Manfaat vegan dan vegetarian

Manfaatnya adalah lebih rendah terhadap risiko penyakit jantung, menurunkan risiko kanker. Lalu, bagaimana mendapatkan seluruh gizi yang dibutuhkan jika tidak mengonsumsi produk hewani?

Para vegan harus mengonsumsi setidaknya lima porsi buah dan sayuran yang bervariasi setiap harinya, mengganti produk susu sapi dengan produk susu kedelai, mengonsumsi aneka kacang-kacangan untuk memenuhi kebutuhan protein dalam tubuh, dan memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan meminum air setidaknya 8 gelas per hari.

ambyar

‘Julid’ hingga ‘Ambyar’ Masuk KBBI!

pulau natal

Tahu Pulau Natal? Pulau Australia yang Deket Banget dari Pulau Jawa