in

Apa yang Terjadi Jika Kurang Minum?

kurang minum air
Foto: pixabay

Ngobrolin.id — Air sangat penting bagi tubuh kita. Otak kita pun lebih banyak berisi air daripada padatan. Lantas, apa akibatnya jika kita kurang minum air putih? Setidaknya, ada 7 hal yang bisa terjadi jika kita kurang minum air.

Berbahaya bagi sel otak

Jika kurang konsumsi air putih, otak akan kekurangan oksigen, lho. Lama-kelamaan, sel-sel yang ada di otak akan tidak aktif. Dampak terburuk bagi otak jika kita kekurangan minum adalah otak akan menyusut. Hal ini terjadi karena komposisi otak 80 persennya merupakan air.

Hilang konsentrasi

Pernah nggak, sih, merasa tiba-tiba blank dan lupa mau ngapain aja? Jangan-jangan, kita cuma kekurangan minum guys. Otak yang tidak mendapat asupan air akan menyebabkan fungsi kognitifnya jadi terganggu. Alias, kita jadi hilang konsentrasi dan jadi lemot.

Infeksi kandung kemih

Nggak cuma otak, organ lain dari tubuh juga bisa bermasalah jika tidak mendapat asupan air yang cukup. Salah satunya adalah saluran kandung kemih. Bakteri tidak dapat keluar dari dalam tubuh jika kita tidak mengonsumsi air dalam jangka waktu yang lama.

Ciri tubuh yang kekurangan air adalah suhu tubuh jadi lebih panas dan nyeri saat buang air kecil. Selain itu, nyeri juga dirasakan pada kemaluan dan bisa terdapat darah pada urine. Serem, ya!

Mengganggu ginjal

Kali ini, gantian ginjal yang bakal protes kalau manusia kurang konsumsi air putih untuk tubuhnya. Air yang kita konsumsi akan membantu peluruhan batu ginjal pada organ tersebut. Air juga akan membantu mengeluarkan komponen batu ginjal. Kebayang, dong, kalau sampai kurang asupan air?

Kulit kusam

Nggak cuma kesehatan, penampilan pun jadi terganggu jika asupan air nggak terpenuhi. Aliran darah di pembuluh kapiler menjadi tidak maksimal karena viskositasnya berkurang sehingga kulit akan menjadi lebih kusam. Kulit butuh asupan air agar tidak kusam.

Halusinasi

Gejala ringan dari halusinasi karena kekurangan air adalah haus, sakit kepala, dan tenggorokan mulai kering. Selain itu, suhu tubuh akan menjadi lebih tinggi, lelah, dan denyut nadi berdetak lebih cepat. Lama-kelamaan, urine akan menjadi lebih gelap. Jika tidak ditangani serius, hal ini bisa menyebabkan kematian, lho.

duduk terlalu lama

Hindari Duduk Terlalu Lama, Kenapa?

cleopatra milk bath

Do It Yourself: Cleopatra Milk Bath