in ,

Apakah Kamu Merasa Sedang Insomnia? Cek Gejalanya!

insomnia
foto: Pixabay

Ngobrolin.id — Anak zaman sekarang pasti sudah kenal dengan istilah insomnia, yakni seseorang yang mengalami kesulitan tidur. Kondisi sulit tidur tersebut bukan hal yang baik, lho! Insomnia bisa membuat tubuh kamu menjadi tidak fit untuk melakukan akivitas. Efek sulit tidur ini bisa terjadi dalam jangka pendek hingga jangka panjang.

Insomnia bisa menimpa siapa saja, bahkan bisa terjadi pada orang lanjut usia (lansia). Penyebabnya sangat bervariasi, mulai dari masalah mental, pekerjaan, jenis kelamin, usia yang semakin bertambah, dan perjalanan tubuh. Selain itu, sulit tidur juga bisa disebabkan oleh kondisi medis tertentu, seperti obesitas dan penyakit kardiovaskuler.

Nah, biasanya insomnia ditandai dengan sulit merasa ngantuk. Tapi, ternyata kesulitan tidur itu tidak hanya dialami pada malam hari, penderita juga akan merasa sulit tidur pada siang hari. Berikut ini beberapa gejala yang sering dialami penderita insomnia.

  • Sulit merasa ngantuk dan tidak bisa tertidur seperti biasa. Terkadang, saat rasa kantuk sudah datang, kamu juga masih sulit untuk tertidur pada malam hari.
  • Sering terbangun pada malam hari atau dini hari, kemudian sulit tidur kembali meskipun kamu sudah berusaha untuk tidur.
  • Tidak bisa tidur nyenyak sehingga kualitas tidur kamu menurun.
  • Merasa lelah, emosional kurang stabil, sulit berkonsentrasi, dan tidak bisa beraktivitas dengan baik pada siang hari. Kondisi tersebut otomatis membuat kamu jadi kurang produktif dan akhirnya hasil pekerjaan kamu menjadi tidak maksimal dan berpotensi menyebabkan kecelakaan.
  • Tidak bisa tidur siang, padahal tubuh sudah merasa lelah.

Apabila kondisi sulit tidur tersebut terasa semakin parah atau tidak kunjung membaik dengan sendirinya, sebaiknya kamu pergi ke dokter untuk mendapatkan penanganan medis yang tepat. Yang terpenting jangan pernah melakukan self diagnose, ya! Dokter akan lebih paham bagaimana cara menangani kesulitan kamu saat tidur.

Ada beberapa cara efektif untuk mencegah gangguan ketika tidur, simak ulasan berikut ini.

  • Usahakan tidur pada waktu yang sama di malam hari, lalu lakukan hal yang sama ketika bangun tidur.
  • Jangan memegang smartphone saat memasuki jam tidur biar kamu nggak penasaran buka media sos
  • Hindari kafein dan nikotin pada siang hari agar tidak mengubah pola tidur.
  • Lakukan olahraga secara rutin.
  • Buat suasana kamar menjadi lebih nyaman.
kebiasaan keuangan yang buruk

Kebiasaan Keuangan Buruk yang Bikin Akhir Bulan Merana

Pelangi Park

Piknik Ala-ala di Pelangi Park