in ,

Apakah Mengeluh Itu Wajar?

kamu pernah menghitung berapa banyak keluhan yang keluar tiap harinya?

mengeluh
foto: pixabay

Ngobrolin.id— Berapa banyak kamu mengeluh dalam sehari. Pasti kamu pernah mengeluhkan sesuatu secara tidak sadar, bahkan kejadian tersebut bisa terjadi cukup sering. Pernahkah terlintas di benak kamu kalau mengeluh itu sebenarnya wajar atau tidak, ya.

Sebenarnya mengeluh itu wajar kok, mengeluarkan keluhan tidak selalu negatif. Justru di beberapa kondisi, mengeluarkan keluhan bisa membawa hal positif ke dalam hidup kamu. Anak-anak Twitter mengenal keluhan dengan nama sambat.

Banyak orang yang terlihat baik-baik saja di kehidupan nyata ataupun di kehidupan media sosial Instagram atau WhatsApp. Eits, tapi tunggu dulu, bisa saja kamu tidak berteman dengannya di Twitter, karena Twitter sering menjadi media sambat paling asik.

Sebenarnya, mengeluh tidak selalu membuat kamu menjadi orang yang negatif. Asalkan, jangan terlalu sering dilakukan. Kalau keseringan ngeluh, malah membuat orang lain kesal sama kamu. Kamu pun dicap sebagai orang yang kurang bersyukur.

Bahkan, ada beberapa orang yang membuat keluhan palsu agar orang-orang prihatin dengannya. Duh, kalau ini sih sudah jelas-jelas hal negatif yang kamu harus hindari, ya! Kamu bisa menarik perhatian orang lain dengan cara lain yang lebih berkelas. Misalnya, dengan mengeluarkan karya yang bagus.

Saat kamu butuh mengeluh, keluarkan saja keluhan tersebut. Melalui keluhan, kamu bisa menyalurkan perasaan yang selama ini terpendam di dalam diri. Dengan mengeluarkan perasaan yang selama ini menumpuk di dalam hati, kamu bisa merasa sedikit lebih lega.

Mengeluh juga bisa menghilangkan stres seperti rasa cemas dan takut yang selama ini hanya berputar di kepala kamu.

Keluarkan keluhan saat memang benar-benar butuh untuk mengeluarkannya. Sebaiknya, keluarkan pada orang yang kamu percaya, seperti sahabat atau keluarga agar bisa mendapatkan solusi yang tepat.

Saat kamu mengeluarkan keluhan yang tertahan, kamu justru bisa mendapatkan berbagai masukan untuk permasalahan tersebut. Itulah alasannya kenapa kamu sebaiknya mengeluarkan keluhan tersebut pada orang yang tepat.

Kalau keluhan tersebut dilontarkan dalam media sosial justru tidak bisa membawa dampak yang positif pada diri kamu. Kamu hanya bisa mengeluarkan keluhan, tapi tidak bisa mendapatkan solusi atas masalah yang sedang dihadapi.

anak belajar di rumah

Moms, Ini Tips Antistres Saat Temani Anak Belajar Daring di Rumah

bendera kuning

Kenapa Bendera Kuning di Indonesia Melambangkan Kematian?