in

Aplikasi Chat Alternatif Jika WhatsApp Down

Gunakan aplikasi ini sehingga komunikasi tetap lancar jaya

aplikasi chat alternatif selain WhatsApp
Foto: freepik

Ngobrolin.id — Apakah kamu salah satu pengguna aplikasi chat WhatsApp? Sayangnya, beberapa waktu terakhir aplikasi berkirim pesan yang satu ini seringkali mengalami server down. Jangan khawatir. Berikut rekomendasi aplikasi chat alternatif selain WhatsApp dari Tim Ngobrolin yang kamu bisa gunakan sewaktu-waktu.

Line

aplikasi chat alternatif selain WhatsApp
Foto: instagram line.indo

Layanan aplikasi berkirim pesan yang disediakan oleh LINE Corporation besutan sebuah perusahaan teknologi dari Jepang, memungkinkan pengguna melakukan banyak hal. Mulai dari berkirim pesan, berkirim lokasi, stiker yang lucu dan menggemaskan, hingga file pekerjaan. Pengguna juga bisa membuat grup, multi chat, ataupun berkirim pesan secara personal.

Tak hanya itu, kamu juga bisa menikmati beragam layanan dari Line seperti Line Today yang berisi berita terbaru, Line Job untuk mencari pekerjaan, dan sebagainya. Pengguna Line biasanya menggunakan aplikasi ini karena cepat dan ringan.

Telegram

aplikasi chat alternatif selain WhatsApp
Foto: instagram booboodigital

Hampir mirip dengan WhatsApp, Telegram menyajikan layanan berbagi pesan melalui grup dan personal. Telegram yang diluncurkan oleh perusahaan asal Rusia ini digunakan sebagai salah satu aplikasi alternatif.

Keunggulan Telegram antara lain cepat dan ringan. Aplikasi ini juga tidak membebani penggunanya dengan iklan. Selain itu, kamu bisa menggunakan fitur people nearby untuk mencari pengguna Telegram yang berada di dekatmu.

WeChat

aplikasi chat alternatif selain WhatsApp
Foto: freepik

Pertama kali diluncurkan pada 2011, WeChat banyak digunakan oleh warga negara Cina sebagai aplikasi bertukar pesan. Aplikasi ini tak hanya memungkinkan penggunanya bertukar pesan, tapi juga memanfaatkan fitur lainnya. Dengan WeChat, kamu bisa terhubung ke banyak gim hingga melakukan pembayaran. Fiturnya yang tak kalah dengan aplikasi chat lain juga menjadikan WeChat sebagai salah satu ‘super app’ yang praktis dan mudah.

KakaoTalk

aplikasi chat alternatif selain WhatsApp
Foto: instagram kakaotalkmy

Masih dari Asia Timur, KakaoTalk merupakan aplikasi yang dibesut oleh perusahaan asal Korea Selatan. Selain berkirim pesan, KakaoTalk juga memiliki banyak konten menarik. Salah satunya dengan memberikan aneka voucher dan kupon bagi penggunanya. Aplikasi KakaoTalk pun terbilang ringan sehingga penggunaannya sangat cepat.

Dari empat aplikasi tersebut, aplikasi apa yang menjadi andalanmu saat WhatsApp mengalami server down? Tiap aplikasi tentu punya kelebihan dan kekurangan, ya. Termasuk dalam jumlah pengguna yang tidak sebanyak WhatsApp. Namun, tidak ada salahnya untuk mencoba mengunduh aplikasi-aplikasi tersebut untuk memudahkan komunikasi.

cara menghindari stres saat bekerja

Hindari Stres Bekerja dengan Cara Ini

resep smoothies sehat dan lezat

Aneka Resep Smoothies Hijau, Kekinian dan Menyehatkan