in , ,

Aplikasi Telegram Terancam Diblokir Akibat Link Streaming Film Ilegal

Duh, jangan sampai beneran diblokir deh!

aplikasi telegram
foto: Pixabay

Ngobrolin.id — Sejak beberapa tahun terakhir ini pemerintah gencar melakukan pemblokiran terhadap website dan beberapa platform yang keciduk menyebarkan link film bajakan. Salah satu platform yang ketahuan memberikan link streaming film gratisan adalah aplikasi Telegram yang kini terancam diblokir.

Sebenarnya, aplikasi Telegram sudah disalahgunakan sejak lama untuk menyebarkan link-link film bajakan. Hal ini karena mudahnya sistem Telegram untuk digunakan oleh semua orang.

Pada dasarnya Telegram merupakan aplikasi kirim pesan sama seperti WhatsApp, hanya saja Telegram memiliki fitur saluran (channel) yang bisa diikuti oleh akun lain secara terbuka dan bebas. Kamu bisa masuk ke saluran tersebut dengan sangat mudah, tanpa perlu mengetahui siapa admin dan anggotanya. Nah, fitur saluran itulah yang sering disalahgunakan untuk membagikan link film ilegal.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) mulai menyasar aplikasi Telegram sehingga aplikasi ini terancam akan diblokir oleh Kominfo. Pemblokiran tersebut bisa dilakukan pada aplikasi kirim pesan tersebut karena bersifat privat.

Kemenkominfo akan bekerja sama dengan Ditjen Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan HAM. Pemblokiran ini dilakukan karena adanya kegiatan penyebaran film secara ilegal dan tindakan tersebut termasuk pelanggaran Hak Kekayaan Intelektual.

Sejak 2018, Kominfo sudah memblokir 4.674 konten yang sudah terbukti melakukan pelanggaran HaKI. Selain itu, pemerintah juga sudah melakukan pemblokiraan situs IndoXXI yang sering digunakan untuk streaming film secara ilegal pada 2019. Tindakan tersebut sempat membuat geger masyarakat, pasalnya situs tersebut memang sudah terkenal sejak lama.

Sebenarnya, bukan aplikasi Telegram yang salah, melainkan penggunanya yang tidak bijak. Padahal aplikasi ini bisa memberikan banyak manfaat apabila digunakan dengan baik. Banyak saluran bermanfaat yang ada di Telegram, seperti saluran komunitas-komunitas positif.

Jika aplikasi tersebut diblokir, bisa jadi para komunitas tersebut harus mencari platform kirim pesan lain yang bisa menyajikan fitur seperti Telegram. Makanya, yuk mulai hargai para creator dengan menonton film secara legal pada situs streaming legal atau di bioskop.

bunga yang bisa dimakan

Ragam Manfaat Air Mawar untuk Wajah yang Sayang Banget Dilewatkan

tanaman hias kamar mandi

Tanaman Hias yang Cocok Diletakkan di Kamar Mandi