in

Armada untuk Pembuatan Google Maps Street View

Google Maps Street View
Foto; Google

Ngobrolin.id — Kamu pernah buka Google Maps Street View? Pasti kamu sering melihat peta yang disajikan sesuai dengan keadaan jalan yang sebenarnya. Kamu bisa lihat posisi bangunan, rumah, tiang listrik, sampai kendaraan yang lewat suatu lokasi.

Google mengunakan kamera canggih yang bisa merekam 360 derajat sehingga lokasi yang difoto bisa terlihat sama seperti aslinya. Sebenarnya gimana sih caranya Google bisa sedetail itu membuat denah lokasi?

Tentu hal itu didukung oleh peralatan dan kendaraan yang mumpuni. Berikut ini armada yang digunakan Google untuk merekam jalanan di Google Maps Street View.

Mobil Street View

Google Maps Street View
Foto: Google

Sejak peluncuran pertama kali di Amerika Serikat pada 2007, Google menggunakan kendaraan ini untuk merekam kondisi jalan-jalan yang ada di Google Maps Street View.

Bagian atas mobil dilengkapi dengan kamera yang mampu menangkap gambar hingga 360 derajat. Hingga kini, mobil ini sudah tersebar ke tujuh benua untuk memudahkan proses pemetaan yang dilakukan oleh Google.

Trekker Street View

Google Maps Street View
Foto: Google

Kenyataannya, nggak semua jalan bisa dilalui mobil. Jalan-jalan di Indonesia bahkan lebih banyak berupa gang-gang kecil. Oleh karena itu, Google juga menggunakan alat ini.

Alat ini berbentuk ransel yang digunakan untuk mengumpulkan gambar pada celah atau lokasi yang sesak dan sempit yang hanya bisa dilalui dengan berjalan kaki. Ransel ini dilengkapi dengan kamera pada bagian atasnya yang mampu menangkap gambar 360 derajat.

Ransel ini pertama kali digunakan Google di sepanjang medan kasar dan berbatu di Grand Canyon, Arizona, Amerika.

Troli Street View

Google Maps Street View
Foto: Google

Troli digunakan oleh Google untuk merekam bagian dalam ruangan seperti museum, stadion olahraga, sampai Gedung Putih. Semua peralatan dalam wujud yang lebih kecil daripada yang terdapat pada mobilstreet viewdiletakkan di keranjang dorong atau troli.

Troli tersebut dlengkapi dengan sistem kamera. Troli ini pertama kali digunakan untuk mengambil gambar di dalam museum karena dapat bermanuver dengan mudah di sekeliling patung.

Mobil Salju Street View

Google Maps Street View
Foto; Google

Armada ini digunakan untuk memetakan daerah lembah bersalju. Mobil salju ini dilengkapi dengan hard drive tambahan, papan ukuran 2×4 inci, dan lakban yang dibungkus jaket ski agar tidak beku.

Salah satu lokasi yang sudah berhasil dipetakan adalah Gunung Whistler Blackcomb sehingga para pemain ski, peseluncur salju, dan pengguna sepatu salju dapat menjelajahi daerah tersebut dengan lebih mudah.

Sepeda Roda Tiga Street View

Google Maps Street View
Foto; Google

Sepeda roda tiga atau “becak” ini digunakan untuk mengakses jalan-jalan yang tidak bisa dilalui oleh mobil. Becak street view digunakan pada lorong-lorong sempit Eropa seperti yang terdapat pada Barcelona dan Paris.

Kamera diletakkan di tas becak tersebut untuk mengumpulkan gambar. Becak ini juga digunakan untuk memetakan berbagai kampus universitas, taman hiburan, situs warisan budaya Stonehenge, dan lain sebagainya.

Lapangan Sempur

Bingung Jalan-jalan di Bogor? Ke Lapangan Sempur Aja!

merawat helm

Tips Merawat Helm Biar Nggak Bau