in

Aroma Karsa, Mencium Keindahan Dunia dari Karya Dee

Aroma karsa
Foto: Instagram Dee

Ngobrolin.id — “Andai bunga-bunga di dunia bisa berbicara, mereka akan menyatakan kecemburuannya kepada bangsa anggrek. Tidak ada bunga lain di dunia yang dapat membuat manusia tergila-gila.” Aroma Karsa oleh Dee.

Salah satu kutipan dari karya terbaru Dewi Lestari tersebut berkisah mengenai bunga. Karena memang buku Aroma Karsa ini mengisahkan tentang sebuah bunga bernama Puspa Karsa, yang tidak ada satu orang pun yang tahu wujudnya.

Buku setebal 710 halaman ini mengisahkan tentang Jati dan Suma yang mencari bunga Puspa Karsa karena kehendak Raras Prayagung, ibunda Suma. Pesan dari nenek Raras untuk mencari Puspa Karsa sampai bertemu apa pun yang terjadi membuat Raras gelap mata dan mengerahkan segala cara mencari tanaman mitos tersebut.

Kemampuan menakjubkan Jati dan Suma untuk mendeteksi aroma bahkan sampai aroma tersamar, dimanfaatkan untuk mencari bunga legendaris tersebut sampai ke kaki Gunung Lawu, Jawa Tengah.

Selain kisah petualangan, bumbu romansa yang mewarnai kisah cinta segitiga antara jati, Suma, dan pacar Suma bernama Arya menimbulkan konflik. Jati yang bekerja sebagai pemulung di Bantar Gebang jatuh cinta pada Suma, anak seorang pengusaha kosmetik ternama yang super kaya dan punya pacar pembalap luar biasa. Terdengar biasa, namun tetap dikemas dengan luar biasa.

Observasi yang fantastis dari seorang penulis perempuan 43 tahun tersebut dapat disimak secara apik lewat data-data yang menunjang ceritanya. Mulai dari kondisi kehidupan di Bantar Gebang, teknik membuat parfum dan segala sesuatu yang berkaitan dengan parfum, informasi rinci tentang tanaman, sampai sejarah yang tertuliskan lebih dari dua ratus tahun yang lalu.

Keindahan berbagai bau yang digambarkan dengan tulisan dan uniknya dapat dirasakan oleh pembaca. Begitu pula kengerian situasi Gunung Lawu dan ‘makhluk-makhluk’ tak kasat mata yang menghuninya. Semua itu ditorehkan Dee dengan sangat rapi dan runtut.

CV jadi lebih menarik

Psst… Ternyata Skill Ini Bisa Kamu Tulis di CV Lho!

Penyanyi lawas indonesia

7 Penyanyi Lawas Indonesia yang Lagunya Masih Enak Didengar