in

Arti Nama Negara-Negara Asia Tenggara, Sudah Tahu?

arti nama negara
Foto: pixabay

Ngobrolin.id — Indonesia berasal dari kata ‘indus’ dan ‘nesos’. Dalam bahasa Yunani, kedua kata tersebut berarti ‘India’ dan ‘pulau-pulau’. Sama seperti Indonesia, negara-negara Asia Tenggara lainnya juga punya arti nama yang tak kalah unik. Apa saja arti nama negara-negara tersebut?

Malaysia

Nama negara ini berasal dari kata ‘malay’ yang menunjukan suku Malay. Suku Malay sendiri mendominasi sebagain besar wilayah Malaysia. Imbuhan –sia diberikan setelah bergabungnya Serawak dan Sabah. Dalam bahasa Yunani, nesos atau nesia berarti ‘pulau-pulau’.

Singapura

Bahasa Sanskerta merupakan asal nama negara maju ini. ‘Singapura’ berarti kota singa. Nama tersebut digunakan oleh Sang Nila Utama, pendiri Kerajaan Singapura pada abad ke-13.

Laos

Lao merupakan etnis mayoritas yang menduduki Laos. Mereka menyebut daerah tersebut yang akhirnya menjadi negara, yaitu Laos.

Myanmar

Nama ini disematkan oleh etnis Burma, setelah Myanmar sebelumnya bernama Burma. Etnis ini sendiri merupakan etnis dominan di Myanmar. Perubahan pada 18 Juni 1989 dilakukan agar etnis non-Burma juga bisa menjadi bagian dari negara ini. Secara internasional, kedua nama, baik Myanmar maupun Burma sama-sama diakui.

Thailand

Dalam bahasa Inggris, Thailand berarti ‘tanahnya orang-orang Thai’. Hal ini merujuk kepada suku Thai yang menjadi mayoritas di Thailand. Dalam bahasa resmi setempat, Thailand disebut sebagai Raycha Anachak Thai atau Prathet Thai.

Vietnam

Nama negara Vietnam diambil dari dua kata ‘viet’ dan ‘nam’. Viet merupakan sekelompok suku yang membentuk wilayah di bagian utara Vietnam. Sementara, dalam bahasa Cina, nam berarti Selatan.

Nama tersebut pertama kali dikenalkan oleh dinasti-dinasti di Kerajaan Cina untuk menyebutkan letak geografis Vietnam, yakni berada di sebelah selatan Cina.

Filipina

Sebelum menjadi daerah kolonialisasi Spanyol, Filipina merupakan kerajaan dengan aliran animisme yang sangat kuat. Nama Filipina sendiri diberikan setelah dikuasai oleh Spanyol. Nama ini diambil dari nama Raja Felipe II yang saat itu berkuasa di Spanyol.

Brunei Darussalam

Brunei sendiri diambil dari bahasa Sanskerta, ‘varuna’. Arti kata tersebut adalah pengembara laut. Istilah tersebut sangat cocok dengan bangsa Brunei yang kebanyakan merupakan pelaut dan pedagang lintas negara.

Kamboja

Kamboja berasal dari kata ‘kambu’, yaitu seorang tokoh mitos dari India. Ia dipercaya sebagai nenek moyang bangsa Kamboja atau Khmer. Oleh karena itu, tersebutlah negara ini dalam dunia internasional sebagai negara Cambodia.

film Raditya Dika

Baru Rilis, Ini Deretan Film Raditya Dika Lainnya

telepon jadul

Telepon Jadul Ini Pernah Jadi Paling Hits