in

Asal Mula Maraton, Ikutan Lari Yuk!

asal mula maraton
Foto: pixabay

Ngobrolin.id — Maraton merupakan olahraga lari jarak jauh yang diikuti oleh banyak orang sekaligus. Tidak banyak yang tahu, asal mula maraton satu ini berawal dari zaman Yunani kuno.

Kata maraton merupakan nama kawasan di Yunani, yaitu Marathon. Pada 490 sebelum masehi, terjadi pertempuran di daerah tersebut, dikenal juga dengan sebutan Battle of Marathon  oleh tentara Yunani dari Athena melawan pasukan dari Persia.

Pertempuran tersebut dimenangkan oleh pasukan Yunani. Sebuah legenda mencatat bahwa Pheidippides berlari membawa pesan tanpa henti dari Marathon menuju Athena untuk mengabarkan kemenangan Yunani. Sayangnya, pria itu kemudian meninggal setelah kelelahan menempuh jarak yang sangat panjang.

Olimpiade 1896 kemudian mengadopsi cerita tadi menjadi sebuah lomba lari. Lomba berlari dari Marathon menuju Athena dilakukan dan ditempuh sejauh kurang lebih 40 km. Jarak ini berubah-ubah karena banyak rute dari Marathon menuju Athena.

Beberapa peserta lari Marathon asal Amerika Serikat mengadopsi lomba tersebut dan mulai 1897 mereka menyelenggarakan perlombaan yang diberi nama ‘Boston Marathon’. Hingga saat ini, perlombaan ini masih digelar tiap tahunnya dan merupakan ajang lari maraton paling bergengsi.

Jarak resmi yang digunakan olahraga ini adalah sepanjang 42,195 km dengan toleransi maksimal 0,1 persen dari jarak tersebut atau kira-kira 42 meter. Kesepakatan tersebut membuat ajang ini biasa dilakukan di jalan-jalan raya yang sudah tersedia di pusat kota.

Tak hanya rute, berbagai kondisi lain juga berbeda di setiap daerah. Pengalaman berlari maraton di daerah satu dengan lainnya akan menambah pengalaman dan melatih kemampuan berlari bagi pelari.

Rekor dunia lari maraton saat ini dipegang oleh Ellud Klpchoge. Pelari asal Kenya ini berhasil menempuh jarak 42 km dalam waktu 2 jam 1 menit 39 detik. Rekor ini ia kukuhkan di Berlin pada Minggu, 16 September 2018.

Rekor tersebut lebih cepat 1 menit 17 detik dari rekor dunia sebelumnya yang dipegang oleh Dennis Kimetto di ajang yang sama.

Pelari maraton pemula umumnya membutuhkan waktu 4 hingga 7 jam untuk menempuh jarak tersebut. Oleh karena itu, calon pelari biasanya diuji dulu kondisi kesehatannya untuk mengurangi risiko kesehatan yang terjadi selama olahraga ini berlangung.

manfaat menulis tangan

Manfaat Menulis Tangan yang Tidak Kamu Duga

merawat jas hujan

Tips Merawat Jas Hujan Biar Awet