in

Asal-Usul Kata Ngabuburit yang Selalu Hits Saat Ramadan

ternyata kata ngabuburit berasal dari sini!

asal usul kata ngabuburit
foto: pexels

Ngobrolin.id — Saat memasuki bulan puasa, tak jarang kita sering mendengar kata ngabuburit dan bahkan beberapa acara stasiun tivi memakai kata tersebut untuk nama program yang diputar selama Ramadan di jam-jam menjelang buka puasa. Sebenarnya, bagaimana sih asal-usul kata ngabuburit yang sudah telanjur terkenal ini?

Kata ngabuburit sudah digunakan secara turun-temurun dan menjadi suatu kata yang sudah tidak asing di tengah masyarakat meskipun mereka tidak mengetahui makna asli dari kata tersebut. Ngabuburit memiliki arti kegiatan di sore hari untuk menghabiskan waktu untuk menunggu waktu berbuka atau azan magrib.

Tidak ada kegiatan spesifik yang bisa dilakukan saat ngabuburit. Kamu bisa melakukan kegiatan apa pun yang disenangi selama menghabiskan waktu untuk menunggu buka puasa. Banyak orang yang ngabuburit dengan berjalan-jalan sambil mencari takjil. Ada juga yang menghabiskan waktu dengan memasak menu berbuka puasa atau kegiatan lainnya yang dilakukan saat sore hari.

Ngabuburit merupakan kata yang berasal dari bahasa Sunda yaitu ‘burit’ yang berarti waktu menjelang sore. Secara keseluruhan, kata ngabuburit ternyata merupakan singkatan dari ‘ngalantung ngadagan burit’ yang berarti bersantai-santai menunggu waktu sore.

Sebuah kalimat yang sangat tepat digunakan untuk menggambarkan kegiatan masyarakat pada saat bulan puasa. Biasanya setelah menyelesaikan pekerjaan dan menyiapkan menu buka puasa, mereka bersantai sambil menunggu waktu berbuka pada saat petang hari. Waktu bersantai itu sering digunakan untuk melakukan aktivitas yang menyenangkan bagi mereka seperti jalan-jalan atau baca buku.

Karena dalam kata ngabuburit tidak ada spesifikasi bulan pelaksanaannya, kegiatan ngabuburit sebenarnya bisa dilakukan di luar Ramadan. Sebab, ngabuburit memang kegiatan yang dilakukan untuk menunggu waktu petang atau magrib. Namun, kata ini seakan sudah melekat dengan Ramadan, bahkan menjadi ciri khas dari bulan puasa. Kalau kamu, biasanya melakukan ngabuburit dengan kegiatan apa? Beri tahu kami ya!

 

 

 

 

 

 

kisah cinta

Haifa, Hikmah di Balik Kisah Cinta yang Tidak Terduga

ngabuburit selama social distancing

Kegiatan Ngabuburit yang Bisa Dilakukan Selama Social Distancing