in

Asal Usul Martabak Manis, Makanan Andalan Pemikat Hati Calon Mertua

Makanan favoritnya siapa nih?!

asal usul martabak manis
foto: Pixabay

Ngobrolin.id — Kamu pasti tahu martabak, dong. Makanan manis gurih yang lembut banget, bagian dalamnya dapat diisi dengan berbagai macam varian, mulai dari cokelat, keju, kacang tanah, wijen, hingga ketan hitam. Popularitas martabak memang tidak bisa dianggap remeh, pasalnya makanan ini sering menjadi andalan ketika bertamu atau saat mengadakan acara. Nah, tapi pernah gak sih penasaran dengan asal usul martabak, makanan super lezat yang bikin gagal diet.

Martabak manis pada awalnya merupakan makanan khas Bangka yang dibuat oleh warga keturunan Tionghoa. Makanan tersebut sering disebut sebagai Hok Lo Pan atau kue orang Hok Lo.

Pada awalnya isian Hok Lo hanya berupa taburan gula dan wijen sangrai. Seiring dengan perkembangan zaman, isian Hok Lo alias martabak manis semakin bermacam-macam, bahkan kamu bisa mengkreasikan isi martabak sesuai dengan keinginan, seperti blueberry, green tea, oreo, dan kitkat.

Makanan Hok Lo mulai terkenal hingga keluar Kota Bangka dan dikenal sebagai kue terang bulan. Penamaan terang bulan diambil dari bentuk martabak yang mirip seperti bulan dan berwarna kuning.

Faktanya, makanan khas Bangka ini memiliki banyak sebutan selain martabak manis, terang bulan, atau Hok Lo Pa. Di Semarang, kue ini disebut sebagai kue bandung karena pada zaman dahulu tukang martabak di Semarang membuka kedainya di samping penjual mi bandung. Di Pontianak, martabak disebut sebagai apam pinang, sedangkan di Medan disebut sebagai martabak bangka.

Fakta menarik lainnya yang sempat booming di jagat media sosial adalah martabak ada di Malaysia. Kue tersebut disebut sebagai apam balik, hampir mirip dengan sebutan dari Pontianak.

Pembuatan martabak manis tidak memerlukan teknik khusus, hanya saja kamu perlu meracik adonan dengan proporsi yang tepat agar hasilnya lembut di dalam dan garing di luar.

Kalau kamu tertarik ingin belajar membuat martabak sendiri di rumah, kamu bisa tonton kanal YouTube Devina Hermawan yang berudul 100 Persen Sukses! Resep Martabak Manis Teflon Rumahan (Terang Bulan). Di dalam video tersebut Devina mendemokan cara pembuatan martabak yang cukup mudah untuk diikuti sendiri di rumah.

 

polisi virtual

Jangan Sembarangan di Sosmed, Sebentar Lagi Bakal Ada Polisi Virtual!

isolasi mandiri

Mulai Mati Gaya, Begini Tips Menghilangkan Rasa Bosan Saat Isolasi Mandiri