in

Asinan Betawi vs Asinan Bogor, Ini Bedanya

Suka asinan? Berikut perbedaannya

asinan betawi dan asinan bogor
Foto: instagram asinankartiniali

Ngobrolin.id — Bisa dibilang, asinan adalah salah satu menu tradisional di Indonesia. Ciri khas makanan yang satu ini adalah dibuat dengan teknik pengasinan. Banyak ragamnya, namun dua yang paling terkenal adalah asinan betawi dan asinan bogor.

Asinan dibuat dengan cara diawetkan atau difermentasi. Buah atau sayur dimasukkan ke larutan berisi air dan garam. Buah dan sayur ini nantinya akan disajikan dengan kuah bercampur cuka yang segar.

Penyajian asinan ini berbeda antara asinan sayuran dan asinan buah-buahan. Namanya juga berbeda, lho. Asinan sayuran kerap disebut juga sebagai asinan betawi. Sementara, asinan yang terbuat dari buah-buahan disebut juga sebagai asinan bogor.

Konon, kedua jenis makanan ini dibuat oleh keturunan Tionghoa yang bertempat tinggal di Jakarta dan sekitarnya. Selain bahan utama, penyajian kedua jenis asinan ini ternyata juga berbeda.

asinan betawi dan asinan bogor
Foto: instagram asinankartiniali

Asinan betawi terbuat dari sayuran yang diawetkan, yaitu sawi asin. Satu porsi asinan betawi akan berisi sawi asin dan sayuran segar seperti wortel parut, kubis iris, taoge, dan selada. Hidangan ini dilengkapi dengan tahu kuning potong yang bertekstur lembut dan disiram bumbu kacang yang dicampur dengan cuka dan cabai.

Asinan betawi akan lebih nikmat jika diberi taburan kacang tanah yang sudah digoreng. Tak lupa, kerupuk juga disertakan sebagai pelengkap. Kerupuk yang digunakan untuk asinan ini umumnya adalah kerupuk mi.

Jika kamu mencari asinan versi peranakan Tionghoa yang masih asli, kamu akan merasakan sensasi tambahan daun tek kim atau antanan pada asinan yang disajikan. Asinan ini juga sering dilengkapi dengan lokio yang merupakan daun dan umbi dari bawang muda.

asinan betawi dan asinan bogor
Foto: instagram qubadreams

Terbuat dari buah-buahan, asinan bogor biasanya terdiri atas mangga muda, jambu air, pepaya, kedondong, bengkoang, anggur hutan, pala, nanas, dan salak. Buah-buahan yang sudah diasinkan ini disajikan dengan kuah cuka.

Rasanya? Jangan tanya karena sudah pasti juara! Perpaduan asam, manis, dan pedas dari kuah cuka dan buah-buahan pasti menggugah selera. Kalau kamu suka dengan rujak, kamu juga akan suka dengan asinan yang satu ini. Sama seperti asinan betawi, menyantap asinan bogor ini juga akan lebih nikmat jika diberi taburan kacang tanah yang sudah digoreng.

Kamu bisa menemukan dua kuliner khas ini di banyak penjaja makanan. Mulai dari rumah makan, warung, hingga penjaja keliling dan kaki lima. Harganya pun cukup terjangkau untuk satu porsi asinan betawi ataupun asinan bogor.

cara menurunkan berat badan

Atur Jam Makan, Atur Berat Badan

jenis jamur beracun

Jamur Menarik Ini Ternyata Beracun