in , ,

Atasi Anemia pada Si Kecil dengan Bayam Gulung

Anemia
Foto: pixabay

Ngobrolin.idAnemia merupakan suatu kondisi tubuh kekurangan sel darah merah. Volume hemoglobin yang terdapat pada sel darah merah yang bertugas membawa oksigen berkurang sehingga menimbulkan gejala badan lemas dan cepat lelah, kulit pucat, dan sebagainya.

Anemia
Foto: pixabay

Kekurangan sel darah merah ini sering kali tidak disadari oleh penderita, termasuk si kecil. Jika Moms khawatir si kecil terserang anemia, ada perlunya memerhatikan kembali asupan yang dikonsumsi.

Salah satu makanan yang bisa dikonsumsi untuk mencegah anemia adalah sayuran bayam. Bayam mengandung zat besi yang baik untuk pembentukan hemoglobin. Dengan begitu, jumlah hemoglobin tetap sesuai seharusnya.

Berbagai olahan bayam bisa Moms berikan untuk si kecil. Salah satunya dengan membuat bayam gulung. Berikut resep bayam gulung yang bisa Moms praktikkan di rumah.

Bahan:

  • 100 gram daun bayam, rebus sebentar
  • 100 gram fillet kakap, haluskan
  • 250 gram tahu putih, haluskan
  • 2 sendok makan tepung tapioka
  • 2 butir telur ayam, kocok lepas
  • 12 buah crabstick
  • Seperempat sendok teh merica bubuk
  • Setengah sendok teh gula pasir
  • Garam secukupnya

Bumbu halus yang digunakan adalah tiga butir bawang merah, tiga siung bawang putih, dan setengah sendok teh ketumbar putih.

Cara membuat bayam gulung adalah pertama, campur isian bayam. Masukkan fillet kakap, telur, merica bubuk, gula pasir, garam, dan bumbu halus. Aduk dan bagi menjadi dua bagian.

Letakkan bayam di atas selembar alumunium foil. Beri satu bagian, isi dan ratakan. Letakkan crabstick kemudian gulung dan padatkan. Pelintir bagian ujung alumunium foil gulungan bayam.

Kukus adonan selama kurang lebih tiga puluh menit hingga matang. Angkat dan biarkan uap panasnya hilang. Potong dan sajikan untuk si kecil.

Bayam gulung dapat dijadikan alternatif lauk jika si kecil bosan dengan menu olahan bayam seperti sayur bayam atau sayur bening. Bisa juga diberikan jika si kecil tidak suka sayur, agar nutrisinya tetap tercukupi.

Selain mendapat serat, vitamin, dan mineral dari bayam, menu bayam gulung ini juga mengandung protein hewani dari kakap, telur, dan crabstick. Selain itu, kandungan tahu juga baik untuk membantu tumbuh kembang si kecil.

William Perkasa

Antara YouTube dan Lele, Rahasia Sukses William Perkasa

kado buat sahabat

Masih Bingung, Ini 9 Inspirasi Kado Buat Sahabatmu