in

Atasi Jet Lag dengan Mengonsumsi Makanan Ini

Semoga jet lag mu lekas berkurang

mengatasi jet lag
Foto: freepik

Ngobrolin.id — Senang traveling dan bepergian? Duh, awas jet lag! Jet lag adalah dampak yang ditimbulkan akibat bepergian jauh dengan beda zona waktu dan iklim. Nggak cuma traveller pemula, kamu yang sudah sering pergi jauh pun berisiko terkena jet lag. Salah satu cara mengatasi jet lag adalah dengan mengonsumsi beberapa jenis makanan berikut.

Kamu bisa mengenali jet lag yang sedang kamu alami dengan memerhatikan gejala-gejala berikut. Jet lag diawali dengan gangguan tidur alias insomnia. Selain itu, kamu juga akan mengalami rasa gelisah, swing mood, dan sulit berkonsentrasi. Secara fisik jet lag dapat terjadi jika kamu mengalami dehidrasi, sakit kepala, kelelahan, dan diare.

Jahe

mengatasi jet lag
Foto: freepik

Dikenal sebagai rempah multiguna, jahe juga bisa membantumu menyembuhkan jet lag, lho. Jahe akan memberikan efek hangat pada perut ketika kamu mengonsumsinya. Rasa mual yang kamu alami pun akan berkurang. Begitu juga dengan pusing setelah perjalanan berlarut-larut. Jahe juga mengandung melatonin yang membantu mengatur siklus tidur.

Oatmeal

mengatasi jet lag
Foto: freepik

Kadar gula yang stabil dapat membantumu cepat tertidur, terlebih selepas perjalanan jauh. Oatmeal adalah bahan makanan yang tepat kamu konsumsi selepas traveling dan sedang mengalami jet lag, lho. Makanan yang tersedia dalam kemasan instan ini mengandung karbohidrat yang bisa meningkatkan kadar gula darah. Namun, peningkatannya tidak langsung signifikan sehingga baik dikonsumsi.

Buah lemon

mengatasi jet lag
Foto: freepik

Air lemon dicampur dengan air hangat mampu menyembuhkan sedikit rasa pusingmu, lho. Jika kamu usai bepergian dengan pesawat, segera buat racikan minuman yang satu ini. Jet lag bisa menyebabkan dehidrasi bagi tubuh. Lemon mengandung kandungan air yang cukup tinggi. Konsumsi buah lemon yang cukup mampu membuat tubuhmu cukup terhidrasi.

Buah pisang

mengatasi jet lag
Foto: freepik

Tak hanya lemon, pisang juga ampuh untuk atasi jet lag. Buah ini mengandung hormon triptofan yang berfungsi meningkatkan kadar serotonin dalam darah. Serotonin sendiri merupakan hormon yang dapat merilekskan kerja otak.

Konsumsi pisang setelah mengalami jet lag dapat membantumu beristirahat dengan tenang. Terlebih, jika perjalananan yang kamu lakukan hingga berubah zona waktu dan dalam jarak yang sangat jauh. Pasti melelahkan, bukan?

Selamat bersenang-senang, selamat berpergian, dan tetap selamat sampai kembali liburan, ya!

aplikasi online dating

Hindari Tipe Cowok Seperti Ini di Aplikasi Dating Online

anjing galak

Waspadai Anjing-anjing Galak Ini