in ,

Atasi Kecemasan di Tengah Pandemi dengan Mindfulness

jangan panik jangan cemas, tetap jaga protokol kesehatan, ya!

mindfulness
foto: pixabay

Ngobrolin.id — Pandemi Covid-19 yang masih berlangsung hingga saat ini sudah menimbulkan banyak perubahan di dalam kehidupan, baik itu dari aktivitas maupun kesehatan mental. Tingkat kecemasan cenderung mudah meningkat karena terlalu banyak memikirkan berbagai macam hal. Akibatnya, tidur jadi gak tenang, mau melakukan kegiatan jadi kepikiran, dan masih banyak lagi. Ternyata, ada salah satu cara untuk mengatasi permasalahan ini, yaitu dengan mindfulness.

Sudah banyak praktisi mindfulness yang membagikan cara untuk terapi mindfulness sendiri di rumah. Namun, terapi akan berjalan lebih maksimal jika kamu mendapatkan bimbingan langsung dari praktisi atau ahlinya.

Salah satu praktisi mindfulness yang sudah dikenal adalah Adjie Santosoputro. Dalam acara Joox Ngobrolin #katahati, Adjie menjelaskan jika mind atau ‘pikiran’, bisa berfungsi sebagai think atau berpikir yang menghasilkan buah pikiran. Buah pikiran yang dihasilkan dari fungsi think terkadang membuat orang menjadi overthinking.

Fungsi lainnya dari mind adalah aware atau sadar diri. Nah, mindfulness ada di dalam fungsi aware. Dengan menggunakan fungsi sadar diri, seseorang dilatih untuk mendengarkan kata hati dan berlatih utuk menerima kenyataan hidup yang tidak sesuai dengan harapan.

Pada dasarnya, hidup ini memiliki dua sisi yang harus diterima oleh manusia, yakni sisi nyenengin dan sisi nyebelin. Inilah yang harus dipahami dan diterima oleh semua orang.

Melalui proses sadar diri dan berusaha mendengar kata hati, kamu diminta untuk tidak selalu berpikir karena manusia juga memiliki keterbatasan untuk berpikir. Kamu butuh jeda di ruang hening untuk beristirahat sejenak. Lalu, ambil napas dengan benar. Napas mengajarkan kepada diri bahwa napas adalah hal penting yang terjadi saat ini, tidak ada napas dari masa lalu ataupun napas dari masa depan. Yang ada hanyalah napas yang sedang kamu lakukan saat ini.

Latihan selanjutnya yang bisa dilakukan dengan seru adalah mendengarkan musik dengan baik.

Salah satu dokter yang juga sering membagikan tips untuk kesehatan mental adalah dr. Andri, Sp.Kj., FACLP. Dokter Andri merupakan dokter spesialis kedokteran jiwa di Rumah Sakit Omni Hospitals Tangerang Alam Sutera.

Dokter Andri memublikasi pengertian mindfulnesss pada kanal YouTube pribadinya, yaitu Andri Psikosomatik. Untuk mengelola kecemasan yang sedang dialami, haruslah berpikir secara here and now, yaitu berpikir hal penting pada saat ini dan sekarang. Karena jika kamu terlalu banyak berpikir yang tidak sesuai dengan kondisi pada saat itu, hal tersebut malah membuat kamu berpikir ke depan atau ke belakang tanpa tentu arah.

Kamu bisa menyimak penjelasan dr.Andri di sini atau penjelasan Adjie Santosoputro di sini!

helm sepeda

Helm Sepeda Sebenarnya Penting atau Tidak

face shield loius vuitton

Face Shield Keluaran Louis Vuitton Seharga iPhone 11!