in

Atur Jam Makan, Atur Berat Badan

Mau diet? ikuti cara ini

cara menurunkan berat badan
Foto: freepik

Ngobrolin.id — Beragam cara menurunkan berat badan dikembangkan oleh berbagai ahli. Mulai dari larangan mengonsumsi makanan tertentu, hingga anjuran mengonsumsi produk lain. Cara-cara ini dinilai tak selamanya efektif karena masing-masing tubuh memiliki pola metabolismenya yang kadang berbeda satu sama lain.

Membatasi asupan dan jenis makanan tertentu memang dianjurkan agar berat badan bisa berkurang. Namun, ada yang tak kalah penting. Mengatur waktu makan sama pentingnya dengan mengatur isi piring yang akan disantap, lho.

Ada beberapa waktu ideal yang bisa kamu terapkan untuk mencapai berat badan idaman. Setidaknya, berikut aturan jam makan yang bisa kamu coba.

Waktu sarapan yang ideal berkisar antara pukul 6—10 pagi. Sarapan yang dilakukan pada jam tersebut akan membantumu menekan lapar berlebihan di pagi hari. Selain itu, makan pada waktu ini juga bisa mengurangi potensi tumpukan lemak tubuh.

Berikutnya, sebaiknya kamu mengonsumsi makan siang sebelum pukul 3 sore. Hal ini berdasarkan penelitian yang diterbitkan dalam jurnal American Journal of Clonical Nutrition. Dalam jurnal tersebut, disebutkan bahwa makan siang pada jam ini bisa membantu penurunan berat badan lebih banyak.

Waktu makan malam yang paling sesuai adalah tidak lebih dari pukul 7 malam. Usahakan untuk tidak mengonsumsi makanan apa pun 2 jam sebelum kamu tidur. Jika tetap makan setelah waktu itu, bisa membuat metabolisme tubuh tetap berjalan dan tidur menjadi tidak nyenyak.

Tak hanya makan berat, mengonsumsi camilan pun ada waktunya. Camilan yang dikonsumsi di sela sarapan dan makan siang bisa kamu konsumsi jika kamu merasa lapar. Sebaiknya, makanlah camilan 2 hingga 4 jam setelah kamu sarapan. Sementara, camilan di sela makan siang dan makan malam setelah 2—4 jam kamu menyantap makan siang.

Salah satu trik memilih camilan untuk membantu menurunkan berat badan adalah pilih jenis buah dan sayuran. Selain itu, kamu bisa mengonsumsi kacang-kacangan, buah, dan juga smoothie.

Dengan mematuhi aturan waktu makan tersebut, kamu bisa membantu dietmu tercapai dengan lebih cepat. Jangan lupa tetap memerhatikan jenis asupan dan sumber kalori yang kamu makan, ya. Selain itu, jangan malas untuk berolahraga dan bergerak sepanjang hari. Selamat mencoba!

jenis bedak

6 Jenis Bedak dan Perbedaannya

asinan betawi dan asinan bogor

Asinan Betawi vs Asinan Bogor, Ini Bedanya