in

Atur Pengeluaran dengan Pasangan Lewat Langkah Sederhana Ini

Kamu bisa menghemat dengan banyak cara

Mengatur keuangan dengan pasangan
Foto: freepik

Ngobrolin.idMengatur keuangan dengan pasangan memang membutuhkan trik khusus. Namun, hal ini perlu dilakukan bila kamu sudah atau akan berumah tangga dengannya. Jangan khawatir, bila pemasukan kalian sama-sama masih kecil nominalnya. Yuk, ikut langkah berikut untuk belajar mengatur pengeluaran dengan pasangan kelak.

Tips pertama yang tidak boleh terlewatkan adalah merencanakan pengeluaran keuangan. Hal ini sangat penting mengingat kalian akan tinggal bersama. Pengeluaran ini walaupun terlihat sedikit, benar-benar memakan ‘uang’, lho.

Misalnya saja, atur berapa persen yang akan digunakan untuk makan. Atur juga banyaknya jumlah uang yang akan digunakan untuk transportasi, membeli keperluan rumah tangga, mencicil rumah jika kamu mengambil KPR, dan sebagainya.

Langkah ini juga penting banget dilakukan terutama bila gaji kamu dan pasanganmu belum bisa mencukupi seluruh keinginanmu. Membuat perencanaan keuangan juga akan memaksamu untuk membuat skala prioritas secara tidak langsung.

Tips membuat skala prioritas ini bisa kamu lakukan dengan menggolongkan kebutuhan-kebutuhanmu dan pasanganmu. Dahulukan dulu kebutuhan primer. Kemudian, baru buat daftar untuk kebutuhan sekunder. Terakhir, kamu bisa menggunakan sisanya untuk kebutuhan yang tidak terlalu penting.

Psst, jangan lupa memprioritaskan untuk melunasi semua cicilan dan menyisihkan untuk tabungan terlebih dahulu, ya. Jika seluruh keinginanmu terpenuhi tetapi cicilan masih menghantui, hal ini justru akan ‘merusak’ pola pengeluaranmu dan pasanganmu di bulan berikutnya.

Tips berikutnya agar keuanganmu tidak jebol adalah membiasakan membuat masakan sendiri sebagai bekal. Tidak terasa, memang, menggelontorkan uang untuk membeli makanan. Namun, jika hal ini dilakukan setiap hari bukan tidak mungkin uang yang seharusnya bisa digunakan untuk kebutuhan lain justru akan membengkak di uang makan saja.

Langkah keempat adalah dengan menggunakan kupon dan promo belanja seefektif mungkin. Budget awal yang ditentukan saat belanja bulanan sebaiknya dibuat tanpa perhitungan promo ini, ya. Dengan begitu, jika kamu mendapatkan promo kamu bisa mengalihkannya untuk kepentingan tersier atau lebih baik ditabung.

Kini, promo dan diskon nggak cuma diberikan oleh supermarket ataupun swalayan, lho. Kamu bisa belanja online melalui e-commerce ataupun marketplace pada hari-hari tertentu.

Tips terakhir adalah gunakan sesering mungkin transportasi publik. Kini, sudah banyak kendaraan umum dengan kualitas pelayanan yang baik. Cara ini bisa menghemat uang bulanan dalam jumlah yang lumayan.

 

Tips Membuat Video Kuliner yang Bikin Ngiler Viewer

tips menghemat paket data

Tips Menghemat Paket Data Saat Traveling