in

Awas! Ini Dia Bahaya Polusi Udara untuk Kesehatan

bahaya polusi udara
Foto: Google Image

Ngobrolin.id — Polusi udara adalah masalah kesehatan global yang terjadi di berbagai belahan dunia. Badan Kesehatan Dunia (WHO) bahkan menyatakan bahwa bahaya polusi udara menjadi masalah lingkungan terbesar yang berdampak buruk bagi kesehatan dan kelangsungan makhluk hidup.

Polusi udara terjadi ketika udara yang dihirup bercampur dengan zat beracun dari asap kendaraan, limbah pabrik, debu, serbuk sari, dan sumber polusi lainnya. Polusi udara dapat terjadi ketika lingkungan terkontaminasi oleh zat kimia, fisik, dan biologis yang mengubah karakteristik alami atmosfer. Kendaraan bermotor, fasilitas industri, kompor rumahan, dan kebakaran hutan merupakan sumber utama dari polusi udara.

Polusi udara memengaruhi perkembangan paru-paru dan ginjal pada bayi dalam kandungan, serta meningkatkan risiko keguguran. Pada orangtua, polusi udara meningkatkan risiko serangan jantung, stroke, dan demensia. Risiko berkembangnya penyakit asma, diabetes, obesitas, hingga kanker juga menghantui orang di segala usia.

Polusi udara luar ruangan mengandung materi karsinogenik atau zat yang bisa menyebabkan kanker. Oleh karena itu, negara yang bisa menurunkan tingkat polusi udara akan ikut menurunkan faktor risiko penyebab penyakit jantung, stroke, dan kanker paru-paru.

Selain itu, dapat pula menurunkan risiko kelahiran prematur, serta gangguan pernapasan akut dan kronis termasuk asma, bahkan kematian. Penurunan polusi udara akan membantu meningkatkan kesehatan saluran pernapasan dan juga kardiovaskular.

Interior kafe di Korea

Unik, Interior Kafe di Korea Seperti Digambar Pakai Pensil

Galaksi Andromeda adalah

Galaksi Andromeda Tetangga Bima Sakti