in

Awas Menghilang Tanpa Jejak, Begini Tips Mengatur Uang THR

mengatur uang THR
foto: Pixabay

Ngobrolin.id — Tunjangan Hari Raya (THR) merupakan tunjangan yang telah dinanti-nantikan oleh para karyawan. Namun, kamu harus berhati-hati karena bisa saja uang THR yang baru diterima menghilang tanpa jejak karena sudah telanjur kalap. Biar gak cepat habis, Tim Ngobrolin punya beberapa tips mengatur uang THR, nih! Simak ulasannya di bawah ini.

Pisahkan untuk zakat dan sedekah

Umat Muslim sudah memiliki kewajiban untuk menyisihkan sebagian hartanya sekitar 2,5 persen atau lebih untuk zakat dan sedekah. Jadi, jangan tergesa-gesa ingin membelanjakan uang THR sebelum membayar kewajiban.

Zakat, infak, dan sedekah yang kamu berikan saat ini di tengah pandemi akan sangat berguna bagi orang-orang yang membutuhkan, mengingat kondisi pandemi merupakan situasi yang sulit bagi sebagian orang. Jangan lupa untuk menyisihkan sebagian dana THR untuk orangtua, ya!

Pisahkan untuk keperluan lebaran

Besaran anggaran untuk keperluan anggaran cukup variatif karena menyesuaikan dengan keadaan kamu. Namun, sebaiknya jangan sampai anggaran tersebut melebihi 50 persen dari total THR yang kamu dapatkan, ya! Belajar untuk mengendalikan diri dan tidak berlebihan ketika berbelanja.

Sisihkan untuk dana darurat

Alokasikan sekitar 10 persen dari THR kamu untuk dana darurat. Semakin besar alokasi dana darurat, akan semakin bagus. Tapi jangan sampai menyiksa diri sendiri, ya! Yang terpenting jangan lupa untuk mengalokasikan dana darurat untuk mengantisipasi kejadian-kejadian yang tidak terduga.

Bayar utang

Larangan mudik masih diterapkan untuk tahun ini. Itu artinya kemungkinan besar dana untuk mudik bisa kamu alokasikan ke hal lain yang lebih penting, seperti membayar utang, cicilan, kartu kredit, atau ditabung.

Apabila dana THR yang dimiliki masih tersisa, sebaiknya masukkan dana tersebut ke tabungan untuk menambah dana cadangan yang dapat digunakan untuk kebutuhan lain. Tapi, kalau dana THR yang kamu terima ternyata kurang, kamu harus belajar lebih selektif dalam menentukan pengeluaran.

Kamu bisa memuat skala prioritas untuk memilah-milah mana saja pengeluaran yang perlu dan tidak. Atau, kamu bisa mencari pemasukan tambahan guna menutupi kekurangan anggaran THR. Dengan mengatur uang THR, kondisi keuangan kamu akan jauh lebih sehat dan hati akan lebih tenteram setelah lebaran berlalu.

lumpia kentang

Resep Lumpia Kentang, Menu Buka Puasa yang Ramah Kolesterol

kebiasaan penyebab jerawat

Sudah Skincare-an Tapi Masih Jerawatan? Mungkin Kamu Masih Melakukan Kebiasaan Ini