in ,

Awas! Pengendara Motor yang Berteduh di Bawah Flyover akan Didenda

mending keluarin duit buat beli kopi daripada mesti bayar denda, deh

berteduh di bawah flyover
foto: pixabay

Ngobrolin.id — Musim hujan sudah tiba, kamu yang mengendarai motor jangan lupa untuk bawa jas hujan agar untuk melindungi tubuh kamu, ya! Kalau mau meneduh, sebaiknya pilih tempat yang tepat, misalnya di warung kopi. Kan enak, dingin-dingin sambil minum kopi. Jangan berteduh di bawah flyover, nanti kamu didenda Rp250.000, lho!

Ketika memasuki musim hujan pemandangan pengendara motor yang berteduh di bawah flyover merupakan hal yang lazim. Namun, nyatanya hal tersebut tidak sepatutnya dilakukan karena bawah flyover bukan tempat yang aman untuk berhenti.

Sehubungan dengan hal tersebut, Dishub Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta memberikan peringatan kepada para pengendara yang bandel. Peringatan tersebut diunggah dalam akun Instagram milik Dishub, yaitu @dishubdkijakarta pada 7 Januari 2020.

Dalam postingan tersebut menjelaskan bawah berteduh di bawah flyover atau underpass merupakan suatu pelanggaran. Lantaran sudah tercantum dalam tata cara berhenti dan parkir yang diatur dalam pasal 106 ayat (4) UU No. 22 Tahun 2009. Pelanggar akan dikenakan sanki pidana kurungan paling lama 1 bulan atau denda Rp250.000.

Memang kenapa sih tidak boleh berteduh di bawah flyover? Alasannya, bawah flyover itu tidak diperuntukkan untuk berhenti parkir. Jika banyak yang parkir, akan menyebabkan arus lalu lintas menjadi terhambat.

Peringatan ini langsung menuai banyak komentar warganet. Ada yang kesal karena dikeluarkan peringatan itu, alasannya lebih berbahaya melanjutkan perjalanan pada saat hujan deras, seperti adanya pohon tumbang. Sebenarnya, ya tidak salah argumen tersebut, tapi jika ditelisik lebih jauh, sepertinya ada tempat yang lebih layak dijadikan tempat teduh selain flyover, kok!

Ada juga warganet yang menyetujui dikeluarkannya larangan tersebut karena mereka memahami betapa pentingnya peraturan yang diciptakan untuk keselamatan.

Ada juga yang mempertanyakan jika numpang untuk memakai jas hujan apakah diperbolehkan. Akun resmi Dishub pun menjawab boleh, yang tidak boleh adalah berhenti dalam jangka waktu yang lama, apalagi sambil menunggu dia yang sudah pergi untuk datang kembali, jangan, ya!

Lalu, menurut kamu bagaimana nih dengan peringatan yang tengah viral?

 

 

fakta introver

Mitos dan Fakta Introver, Ketahui Faktanya agar Tidak Salah!

online shop penipu

Ketahui Online Shop Penipu dengan Cara Ini