in

Awas! Penyakit ini Rawan Menyerang Saat Banjir

Penyakit ini selain berbahaya juga mudah tertular ke orang lain.

penyakit yang disebabkan oleh banjir
Foto: pixabay

Ngobrolin.id Banjir kini tak lagi mengenal musim. Selama air hujan terus turun dan tidak mampu diserap, banjir akan terus menghantui kapan saja dan di mana saja. Parahnya, dampak banjir tidak hanya di sektor ekonomi, tapi juga kesehatan. Tahukah kamu bahwa penyakit yang disebabkan oleh banjir ternyata berbahaya dan banyak jenisnya? Yuk, simak informasinya!

Demam tifoid

Penyakit demam tifoid disebabkan oleh bakteri Salmonella enterica.Penyakit ini bisa ditemukan di berbagai belahan dunia. Penularan demam tifoid bisa melalui makanan dan minuman yang sudah tercemar oleh tinja.

Seperti yang kita tahu, ketika banjir, seluruh saluran air akan tercampur dengan air bah. Tidak bisa dimungkiri, saluran air yang ikut tercemar adalah saluran pembuangan tinja. Belum terhitung tinja yang ada di sungai-sungai.

Kolera

Penyakit ini merupakan infeksi yang disebabkan oleh bakteri Vibrio cholerae. Gejalanya beragam, mulai dari mual dan muntah, kram perut, hingga dehidrasi. Kolera ditemukan mewabah di daerah yang padat penduduk tanpa sanitasi yang dikelola dengan baik.

Penularan penyakit ini bisa terjadi melalui air yang sudah terkontaminasi oleh bakteri. Bisa dibilang, kolera merupakan penyakit yang fatal apabila tidak segera ditangani. Dalam beberapa jam, nyawa seorang penderita bisa langsung terancam, lho.

Leptospirosis

Masih disebabkan oleh bakteri, kali ini yang menyebabkan penyakit berbahaya adalah Leptospira interrogans. Bakteri ini bisa menyerang berbagai hewan seperti anjing, tikus, dan hewan ternak. Cara penularannya kepada manusia adalah melalui urine atau darah hewan tersebut.

Jika banjir bandang menerjang, hewan-hewan juga akan ikut terkena dampaknya. Termasuk urine mereka juga bisa tercampur dengan air banjir tersebut. Akibatnya, air banjir pun rawan jadi salah satu media penularan leptospirosis.

Hepatitis A

Virus hepatitis bisa menyebabkan hepatitis A. penyakit ini sendiri merupakan salah satu penyakit mematikan karena bisa menyebabkan peradangan hati. Dampaknya, kinerja hati dalam mendetoksifikasi tubuh manusia pun menjadi terganggu.

Penyakit ini bisa menular ketika seseorang mengonsumsi air atau makanan yang telah terkontaminasi feses penderita. Saat banjir, bisa dibayangkan air tersebut menyebarkan berapa macam virus dari berbagai penyakit. Salah satu dari penyakit tercampurnya air banjir dengan tinja tersebut adalah hepatitis A.

 

 

game bertema ninja

Beragam Game Ninja Ini Bisa Tanpa Terkoneksi Internet

Realme 3 Pro

4 Keunggulan Realme 3 Pro, Smartphone Murah tapi Mewah