in

Baca Buku Yuk agar Terhindar dari Hal Ini

pentingnya membaca buku
Foto: unsplash

Ngobrolin.id — Sejak masih kanak-kanak, tentu kita sudah sering dong menerima berbagai nasihat tentang pentingnya membaca buku. Mulai dari menambah wawasan sampai sebagai sarana hiburan jadi alasan kenapa kita harus baca buku. Tapi ternyata ada alasan-alasan lain lagi lho, yaitu agar terhindar dari hal-hal ini.

Risiko alzheimer

Orang yang rajin membaca memiliki risiko terserang alzheimer 2,5 kali lebih rendah daripada orang yang jarang membaca, lho. Alzheimer sendiri merupakan suatu sindrom yang menyebabkan otak mengecil. Dampak jangka panjangnya, ingatan seseorang dapat terganggu.

Secara nggak langsung, alzheimer ini dapat membuat penderitanya mengalami kemunduran fungsi intelektual.

Kosa kata menurun

Ketika kita membaca, otomatis kita akan teringat kembali dengan banyak kosa kata yang jarang kita gunakan sehari-hari. Karena teringat, tentu akan memakainya kembali. Coba bayangkan jika kita tidak membaca dan tidak ingat, wah pasti kemampuan verbal kita dalam mengingat kosa kata bisa menurun drastis.

Stres meningkat

Psst… tahukah kamu bahwa membaca mampu menurunkan tingkat stres hingga 67 persen? Tentu saja ini terjadi karena saat membaca, kita akan cenderung lebih tenang dan dalam emosi yang lebih stabil.

Membaca juga bikin jiwa lebih damai dan merasa lebih tenang. Kemudian, membaca juga dapat menurunkan tekanan darah dan membantu jadi lebih rileks, deh. Bye bye stress!

Close minded

Membaca bikin wawasan kita makin luas, bukan? Nah apa akibatnya jika kita jarang membaca? Otomatis, pengetahuan yang kita terima juga jadi lebih sedikit. Di sisi lain, hal tersebut bikin kita jadi lebih ‘tertutup’ dan tidak terbuka pada pendapat orang alias close minded.

Kurang kritis

Membaca juga bikin kita berpikir lebih kritis. Dengan membaca, pengetahuan kita akan suatu masalah juga bertambah. Oleh karena itu, ketika kita sewaktu-waktu butuh memecahkan masalah, memori dari membaca yang kita punya akan bisa lebih membantu.

Misal, kita iseng baca artikel tentang otomotif. Kebetulan, ada beberapa masalah. Berhubung sudah pernah membacanya, masalah jadi lebih mudah diselesaikan, bukan?!

Kurangnya empati

Sebuah penelitian yang dilakukan di New York University menyebutkan bahwa membaca buku mampu meningkatkan kemampuan seseorang untuk memahami perasaan, lho. Ketika kita membaca, kita jadi lebih peka dan belajar dari buku tersebut. Kalau kita memiliki empati yang tinggi, orang di sekeliling kita pun akan merasa nyaman.

insomnia merupakan

Insomnia? Coba Beberapa Hal Ini Ya!

grup musik populer

Grup-Grup Musik Populer ini Ternyata dari Bandung, Lho