in

Bahan Pembuat Wasabi, Ternyata Lebih Banyak Wasabi Palsu Dibandingkan yang Asli

siapa pecinta wasabi?

bahan wasabi
foto: Pixabay

Ngobrolin.id — Pasti kamu tidak asing dengan wasabi, pasta berwarna hijau yang sering disajikan bersama hidangan makanan asal Negeri Sakura, seperti sushi. Di Jepang, wasabi digunakan digunakan sebagai penyedap makanan, sedangkan di Indonesia bumbu makanan ini sering disajikan bersama shoyu atau kecap asin. Namun, tahukah kamu kalau bahan wasabi itu sebenarnya sulit didapatkan.   

Wasabi terkenal dengan rasa pedas menyengat sehingga banyak orang Indonesia kurang menyukainya. Rasa menyengat tersebut bahkan bisa sampai masuk ke hidung dan membuat kurang nyaman.

Ternyata, sebagian besar wasabi yang beredar di Indonesia merupakan wasabi palsu. Alasan banyaknya wasabi palsu beredar di Indonesia adalah sebagian orang Indonesia sering menggunakan bumbu makanan ini dalam porsi banyak, padahal bahan wasabi sangat sulit didapatkan sehingga harganya sangat mahal dan tidak ada di Indonesia.

Kondisi tersebut memang menjadi salah satu kebiasaan konsumen Indonesia yang harus diperbaiki, sering mengambil bumbu masakan seperti saus secara berlebihan. Kalau tetap menggunakan bahan asli, bisa-bisa pemilik restoran bisa bangkrut.

Oleh karena itu, cukup sulit menemukan restoran Jepang di Indonesia yang menyajikan wasabi asli. Bahkan, orang Indonesia yang sudah terbiasa dengan wasabi palsu sering merasa asing dengan wasabi yang ditemui di Jepang.

Wasabi terbuat dari tanaman endemik Jepang, yaitu akar Wasabia japonica. Tanaman ini hanya bisa kamu temui di Jepang. Sebenarnya, tanaman tersebut sudah pernah beberapa kali dibudidayakan di luar Jepang, tetapi jumlahnya masih terbilang sangat sedikit.

Rasa asli penyedap makanan ini memang pedas, tetapi tidak menyengat. Selain itu, ada juga sedikit rasa manis dan bertekstur seperti sayuran. Rasa wasabi asli cukup mudah menghilang sehingga lebih sering diparut ketika ingin dimakan.

Sementara itu, wasabi yang beredar di Indonesia terbuat dari horseradish, tanaman sejenis lobak. Warna hijau pada pasta yang sering disajikan ini berasal dari pewarna makanan.

Perbedaan yang paling ketara antara wasabi palsu dan yang asli adalah teksturnya. Penyedap asal Jepang yang asli lebih cenderung berserat seperti wortel yang diparut, sedangkan yang palsu lebih sering disajikan dalam bentuk pasta halus.

 

 

 

 

Rowan atkinson

Rowan Atkinson Akui Lelah Memerankan Mr. Bean dan Memutuskan untuk Pensiun

perbedaan PPKM dan PSBB

Gengs, Ini Perbedaan PPKM dan PSBB