in ,

Bahaya yang Jarang Disadari dari Kebanyakan Duduk

kebanyakan duduk
foto: Pixabay

Ngobrolin.id — Mungkin, awalnya kamu bingung kenapa kebanyakan duduk malah bisa berbahaya. Padahal, duduk menjadi salah satu kegiatan yang paling asyik dibanding berdiri, apalagi kalau duduknya bisa sambil senderan. Pasti rasanya nikmat sekali!

Rasa nikmat tersebut akan sirna jika kamu terlalu banyak duduk dalam waktu satu hari. Nyatanya, kebanyakan duduk memang dapat menyebabkan dampak buruk bagi seseorang. Sebuah studi mengatakan orang dewasa di bawah 60 tahun yang duduk selama delapan hingga 10 jam sehari lebih berisiko terkena stroke dibanding mereka yang aktif secara fisik.

Dilansir dari cnbcindonesia.com, American Heart Association mengatakan bahwa orang yang tidak terlalu aktif secara fisik, tujuh kali lebih berisiko terkena stroke dibanding mereka yang menghabiskan kurang dari empat jam duduk dan berolahraga minimal 10 menit setiap harinya.

Profesor Kerry Stewart dari Fakultas Kedokteran Universitas Jhons Hopkins di Baltimore, Maryland, AS, menyebutkan gejala seseorang yang kemungkinan mengalami stroke. Gejalanya adalah merasa lemah di tangan, kaki, atau wajah. Selain itu, seseorang jadi berbicara cadel dan kesulitan melihat atau mendengar.

Risiko stroke yang tinggi bisa kamu cegah dengan mengambil waktu berdiri untuk mengurangi waktu duduk. Kamu juga bisa mengganti penggunaan lift dengan tangga agar tubuh kamu bergerak. Dalam sehari idealnya kamu memerlukan waktu minimal 10 menit untuk beraktivitas.

Selain itu, kamu juga perlu memenuhi asupan makanan bernutrisi. Jangan sampai sudah terlalu lama duduk, tapi pola makan tidak terkontrol. Wah sudah deh kalau gitu, kalau gak kolesterol, darah tinggi, ya encok mungkin! Kamu bisa melakukan diet yang bergizi, juga berhenti atau mengurangi kebiasaan merokok.

Kebanyakan duduk dan memperhatikan layar laptop bisa membuat kamu depresi hingga cemas. Memang kamu bisa menonton film atau bermain game untuk hiburan, tapi ternyata hal ini tidak-benar-benar menghibur tubuh kamu.

Seseorang yang terlalu lama duduk dapat mengalami cemas dan depresi karena tidak beranjak dari tempat duduknya. Efek samping ini bisa dicegah dengan berjalan-jalan di sekitar rumah atau kantor.

Angkringan The Series

Angkringan The Series, Kesederhanaan yang Hangat

usir lalat

Cara Alami Usir Lalat dari Rumah